World Press Freedom Day

World Press Freedom Day

World Press Freedom Day didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1993. Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 3 Mei untuk merayakan hari kebebasan pers dunia. World Press Freedom Day sebagai acara untuk menyuarakan perlindungan media dari ancaman kebebasan mereka, serta untuk mengenang para jurnalis yang kehilangan nyawa saat bertugas.

>World Press Freedom Day juga mengingatkan kepada pemerintah masing-masing negara tentang perlunya menghargai komitmen yang sudah dibuat terhadap kemerdekaan pers, serta merupakan hari refleksi bagi para professional media tentang isu-isu kebebasan pers dan etika-etika profesional.

Kemerdekaan pers pada hakikatnya bukanlah hak eksklusif dari komunitas pers semata. Kemerdekaan pers adalah hak konstitusional yang berakar kepada jaminan hak setiap warga negara untuk memperoleh informasi. Di Indonesia, jaminan kemerdekaan pers dijamin Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers adalah semata-mata demi setiap warga negara mendapatkan pemenuhan hak atas informasi.

UNESCO menandai World Press Freedom Day setiap tahun dengan mempertemukan para profesional media, organisasi kebebasan pers dan badan-badan PBB untuk menilai keadaan kebebasan pers di seluruh dunia dan mendiskusikan solusi untuk mengatasi tantangan. Setiap konferensi dipusatkan pada sebuah tema yang berkaitan dengan kebebasan pers, termasuk tata pemerintahan yang baik, liputan media tentang terorisme, impunitas dan peran media di negara-negara pasca-konflik.

Pada tahun 2017, Indonesia menjadi tuan rumah World Press Freedom Day yang diselenggarakan pada tanggal 1 - 4 Mei 2017 dengan tema “Pikiran Kritis untuk Masa Kritis: Peran Media dalam Memajukan Masyarakat Damai, Adil, dan Inklusif.”

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

http://kniu.kemdikbud.go.id/sektor/komunikasi-dan-...

https://en.wikipedia.org/wiki/World_Press_Freedom_...

http://wpfd.aji.or.id/2016/

http://www.beritasatu.com/investor/428307-world-pr...

Share this Post:

Related Posts: