Hari Buku Sedunia

Hari Buku Sedunia

Hari Buku Sedunia yang juga dikenal dengan Hari Buku, Hak Cipta Sedunia, dan Hari Buku Internasional, merupakan hari perayaan tahunan yang jatuh pada tanggal 23 April yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Hari Buku Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 1995. Sedangkan di Indonesia, Hari Buku baru pertama kali diperingati pada 2006 atas prakarsa Forum Indonesia Membaca.

Sejak 2001, UNESCO bersama organisasi-organisasi internasional lainnya yang mewakili tiga sektor industri perbukuan; penerbit, penjual buku dan perpustakaan, secara khusus memilih suatu kota sebagai Ibu Kota Buku Dunia. Kota yang terpilih tersebut akan menyandang predikat Ibu Kota Buku Dunia selama setahun, dimulai pada tanggal 23 April tahun tersebut hingga 22 April tahun berikutnya. Setiap tahun UNESCO membuka pendaftaran bagi kota-kota di seluruh dunia yang ingin mengajukan diri menjadi Ibu Kota Buku Dunia dengan mengirimkan sejumlah dokumen persyaratan.

Berdasarkan penjelasan UNESCO, tanggal 23 April dipilih karena pada 23 April 1616 ada beberapa sastrawan besar dunia yang meninggal dunia. Berdasarkan sistem Kalender Gregorian yang digunakan Spanyol dan Kalender Julian yang dipakai Inggris, Cervantes dan Shakespeare meninggal tepat pada tanggal tersebut. Penulis besar Spanyol, Inca Garcilaso de La Vega, juga meninggal pada 23 April 1616. Uniknya, 23 April juga merupakan tanggal kelahiran para penulis besar dunia lainnya seperti Maurice Druon, Haldor K. Laxness, Vladimir Nabokov dan Manuel Mejía Vallejo pada tahun-tahun yang berbeda.

Dengan adanya Hari Buku Sedunia ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang semakin giat membaca dan mengunjungi perpustakaan, serta menghargai para penjual buku, perusahaan penerbitan, dan hak cipta.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Buku_Sedunia

https://merahputih.com/post/read/selamat-hari-buku...

https://kumparan.com/utomo-priyambodo/mengapa-23-a...

Share this Post:

Related Posts: