Hari Kartini

hari-kartini.jpg

Hari Kartini

Setiap 21 April, Indonesia memperingati Hari Kartini. R. A. Kartini adalah pahlawan wanita yang menginspirasi perempuan negeri ini. Hari Kartini merupakan simbol kebangkitan peran wanita yang tidak lagi sekadar berada di dalam wilayah domestik, namun peran yang merambah wilayah yang lebih luas dalam sosial-kemasyarakatan. Meski di usia yang cukup belia, Kartini mampu menginspirasi generasi demi generasi. Harkat dan Martabat kaum perempuan harus terus diperjuangkan sebagai bagian dari perjuangan kemanusiaan.

Raden Adjeng Kartini lahir pada 21 April 1879 dan berasal dari kalangan bangsawan Jawa. Hidup dari kaum bangsawan membuatnya dapat menempuh pendidik yang lebih tinggi daripada temanya dari kaum biasa. Pada umur 21 tahun, Kartini harus berhenti menempuh pendidikan karena berbenturan dengan norma yang berlaku saat itu, sehingga dia harus menjalani tradisi di pingit atau larang untuk keluar rumah dari gadis. Namun semangat belajar Kartini tidak surut. Melalui beberapa surat yang telah ditulisnya, dia telah bertanya dan menghubungi para sahabatnya yang kebanyakan berasal dari Belanda untuk dapat saling bertukar ilmu.

Kartini merupakan inspirasi kebangkitan di tengah kungkungan tradisi paternalistik yang begitu kuat di zaman penjajahan Belanda. Berasal dari keluarga priyayi yang terhormat, ia merasakan kegelisahan hidup yang tidak mengakomodasi cita-cita dan harapannya sebagai seorang wanita, baik itu dari segi pendidikan, kebebasan bersuara dan berpendapat sebagaimana lazimnya kaum lelaki.

Saat ini, inspirasi Kartini telah menjadi gagasan yang besar dan menempati tempat penting dalam setiap program dan kebijakan. Suara kaum hawa menjadi penting didengar dan diaktualisasikan di kehidupan sosial dan kemasyarakatan yang tentunya akan membuat suasana menjadi terasa lebih harmonis, teduh dan sejuk dengan sentuhan ide dan pemikiran kaum hawa.

Semoga Hari Kartini dapat menginspirasi setiap wanita dalam meraih cita-cita bersama yang lebih baik di masa depan.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

http://news.metrotvnews.com/peristiwa/zNPdMAAN-mak...

http://www.lensaremaja.com/nasional/15457/sejarah-...

Share this Post:

Related Posts: