Hari Peduli Autisme Sedunia

Hari Peduli Autisme Sedunia

Peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autism Awareness Day) pertama kali ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada 18 Desember 2007 dan setiap tahunnya diperingati pada tanggal 2 April.

Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia, PBB menghimbau agar semua negara anggota untuk mengambil langkah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap autisme di kalangan masyarakat, yang dapat dilakukan dengan diagnosis dini untuk pemberian intervensi dini.

Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan saraf yang memengaruhi kemampuan anak dalam berkomunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. ASD tak hanya mencakup autisme, tapi juga melingkupi sindrom Asperger, sindrom Heller, dan gangguan perkembangan pervasif (PPD-NOS).

Menurut Yayasan Autisma Indonesia, autisme biasanya membuat anak tidak dapat secara otomatis beajar untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga ia seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, diperkirakan ada sekitar 2,4 juta orang penyandang autisme di Indonesia pada tahun 2015. Jumlah penduduk Indonesia pada saat itu mencapai 237,5 juta jiwa, berarti ada sekitar satu penyandang autisme pada setiap 100 bayi yang lahir.

Bersyukurlah dan berempatilah pada penyandang autisme. Misalnya dengan berhenti menggunakan kata "autis" untuk menggambarkan orang yang sedang asyik sendiri. Atau menyebut anak-anak spesial dengan "idiot" atau "anak aneh".

Mari kita menjadi bagian dari orang-orang yang peduli terhadap sesama, tanpa membedakan apapun.

"They're different, but not less." - Miss Grandin
Selamat Hari Peduli Autisme Sedunia, 2 April 2018.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:

http://www.netralnews.com/news/healthy_life/read/6...

https://keluarga.com/1834/selamat-hari-peduli-auti...

Share this Post:

Related Posts: