Hari Down Syndrome Sedunia

hari-down-syndrome-sedunia_Wzwx.jpg

Hari Down Syndrome Sedunia

21 Maret 2018


Hari ini adalah hari Down Syndrome sedunia, yang diadakan pada tanggal 21 Maret setiap tahun. Tanggal 21 Maret dipilih sebagai Hari Down Syndrome Sedunia karena hari ke-21 dari bulan ke-3 dipilih untuk menandakan keunikan melipat-tigakan (trisomi) dari kromosom 21 yang menyebabkan Down Syndrome.

Acara peringatan down syndrome pertama kali diselenggarakan di Geneva pada tanggal 21 Maret 2006. Melalui resolusi ini, PBB mengajak semua negara anggota, organisasi PBB terkait dan organisasi internasional lainnya, serta masyarakat sipil, termasuk organisasi non-pemerintah dan sektor swasta, untuk memperingati Hari Down Sindrom Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap down sindrom.

Down Syndrome mempengaruhi sekitar 1 dari 800 kelahiran hidup. Down syndrome adalah gangguan yang disebabkan oleh genetika. Sindrom ini menyebabkan munculnya perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik tertentu. Sindrom ini bukanlah sebuah penyakit tetapi merupakan sebuah kelainan yang tidak bisa disembuhkan. Tubuh manusia memiliki 46 kromosom dalam sel, yang diwariskan masing-masing 23 dari ayah dan ibu. Namun kebanyakan orang dengan down syndrome punya 47 kromosom. Kromosom adalah serat-serat khusus yang terdapat di dalam setiap sel di dalam badan manusia di mana terdapat genetik yang menentukan sifat-sifat seseorang.

Dengan adanya peringatan Hari Down Syndrome Sedunia diharapkan penyandang Down Syndrome mendapatkan akses yang memadai terhadap perawatan kesehatan, program intervensi dini dan pendidikan inklusif, serta penelitian yang sesuai, sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan hidupnya.

Mari kita manfaatkan Hari Down Syndrome Sedunia ini untuk mendukung para penyandang Down Syndrome.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://www.merdeka.com/pendidikan/hari-down-syndrome-sedunia-jadikan-dunia-lebih-adil-yuk.html

http://www.okecoy.com/2012/03/sejarah-hari-down-sindrom-sedunia-world-down-syndrome-day-21-maret.html

Share this Post:

Related Posts: