CV Menunjukkan Apakah Anda Profesional atau Tidak

CV Menunjukkan Apakah Anda Profesional atau Tidak


Jika berpikir wawancara kerja adalah bagian terpenting untuk mendapatkan pekerjaan, maka Anda keliru. Ada bagian yang juga penting, yaitu curriculum vitae atau CV dan surat lamaran kerja. Tidak sedikit pencari kerja yang gagal di awal karena curriculum vitae atau CV. Bagaimana cara agar resume Anda bisa mencerminkan profesionalitas ?

Berikut unsur yang perlu diperhatikan pada CV :

1. Foto

Tidak sedikit pelamar yang asal menaruh foto di CV, sebaiknya cantumkan foto yang mengesankan tampil profesional dan rapi.

2. Format CV

Beberapa pelamar ada yang membuat CV dengan kreatif, bukan hanya dengan format tulisan secara formal. Pelamar harus mempertimbangkan apakah nantinya format CV kreatif tersebut bisa dibaca pihak user atau HRD. Format CV sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan yang dituju.


3. Alamat Email

Alamat email bisa menunjukkan kadar profesionalitas Anda. Sebaiknya buat email dengan nama yang lebih formal.


4. Informasi tidak relevan

Isi CV yang paling disarankan adalah pendek, sederhana, tapi informatif. Fokuslah pada keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan, kualitas, dan pengalaman kerja Anda.


5. Unsur negatif dan kebencian

Lupakan semua pengalaman kerja yang buruk yang pernah Anda alami. Jangan curhat dan menceritakan hal-hal buruk sehingga berkonotasi negatif pada CV Anda. Sebaliknya, cantumkan hal-hal yang positif pada CV dan tunjukkan betapa berharganya Anda sehingga layak dipekerjakan.


CV adalah petunjuk pertama yang mencerminkan siapa diri Anda kepada perusahaan, karena itu isi CV Anda penting diperhatikan.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://wolipop.detik.com/read/2013/02/08/080527/2164465/1133/4-hal-sepele-dalam-cv-yang-bisa-buat-anda-gagal-kerja-di-perusahaan-idaman

https://www.msn.com/id-id/gayahidup/karier/7-isi-cv-yang-tunjukkan-anda-tidak-profesional/ar-BBALln7?li=AAfu64g

Share this Post:

Related Posts: