Lebih Teliti dalam Mencari Lowongan Kerja

Lebih Teliti Dalam Mencari Lowongan Kerja


Mencari informasi berita kini lebih mudah dibandingkan sebelumnya yang hanya menggunakan surat kabar atau koran. Dengan adanya perkembangan teknologi dari waktu ke waktu, kita dapat mencari dan up date berita lebih cepat melalui internet. Tidak hanya berita, kini kita dapat mencari info lowongan kerja melalui internet. Lowongan kerja relatif menjadi lebih banyak karena lebih mudah diunggah ke internet dan akan banyak dibaca juga oleh pengguna internet maupun pelamar.

Di Indonesia, kita memiliki beberapa website yang khusus menyediakan informasi lowongan kerja. Beberapa perusahaan terkadang menawarkan posisi dan gaji yang menggiurkan, hal inilah yang membuat pelamar langsung percaya diri untuk mengirim CV ke perusahaan tersebut tanpa melihat info perusahaan. Memang, tidak ada larangan bagi Anda untuk mengirimkan surat lamaran atau CV ke perusahaan yang menggunakan iklan dalam mencari karyawan. Tetapi ada baiknya, anda perhatikan dulu iklan lowongan kerja itu dengan seksama. Berikut beberapa tips agar Anda lebih teliti dalam memilah info lowongan kerja.

1. Perhatikan informasi perusahaan
Dengan hal kecil seperti ini, pastikan Anda mengecek alamat dan nomor telepon perusahaan, jika alamat yang tercantum berbeda Anda berhak meragukan perusahaan tersebut. Lebih bagus lagi jika alamat perusahaan tersebut sesuai dengan Google Maps.

2. Perhatikan alamat email perusahaan
Ketika mengirim lowongan atau menerima panggilan interview, pastikan alamat email perusahaan tidak menggunakan email web based seperti Yahoo atau Gmail. Biasanya, perusahaan menggunakan email resmi perusahaannya.

3. Hindari perekrutan berbayar
Hindari perusahaan yang mengharuskan Anda untuk membayar biaya dengan alasan apapun selama proses rekrutmen. Biaya yang dimaksud adalah seperti uang registrasi, dana transportasi, dan lain-lain. Tidak ada perusahaan manapun yang melibatkan dana ketika Anda melamar pekerjaan.

4. Mencari situs lowongan kerja yang terpercaya
Di Indonesia banyak sekali situs lowongan pekerjaan dari yang terkenal hingga yang tidak Anda kenal tetapi tetap muncul di halaman pertama Google Search. Ketika Anda search di Google, muncullah ratusan lowongan kerja dari situs manapun. Disinilah Anda harus teliti agar tidak terjebak.

Dengan keempat tips diatas semoga Anda lebih cermat dalam memilah informasi yang ada di internet. Lebih baik lagi jika Anda mencari website resmi dari perusahaan tersebut dan menemukan lowongannya melalui kolom atau fitur karir/lowongan. Biasanya beberapa perusahaan menyediakan fitur ‘karir’ dalam websitenya.

Semoga beruntung!

By : Recruitment Corporate Summarecon


References:


https://artikelduniakerja.wordpress.com/2009/09/15...

http://tekno.liputan6.com/read/2189932/tips-agar-t...


http://www.bintang.com/success/read/2326338/3-cara...

Share this Post:

Related Posts: