Hari Ginjal Sedunia

hari-ginjal-sedunia_8wv5.jpg

Hari Ginjal Sedunia

02 Maret 2018


Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) dicetuskan pertama kali oleh Joel Kopple, seorang pendiri IFKF (International Federation of Kidney Foundation), pada musim panas 2003. Kopple berpendapat bahwa penyakit ginjal kronik adalah masalah kesehatan masyarakat yang sangat kurang mendapat perhatian dari pemerintah, terbukti dengan jarangnya dilakukan kegiatan yang berhubungan dengan masalah kesehatan ginjal. Usulan tersebut baru disetujui oleh ISN (International Society of Nephrology) pada tahun 2005. Akhirnya peringatan WKD  jatuh pada tanggal 7 Maret 2006 dan akan diperingati setiap tahun pada hari Kamis minggu kedua pada bulan Maret, yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 8 Maret 2018.

Ginjal merupakan organ tubuh berbentuk seperti kacang merah yang terletak di bawah tulang rusuk. Organ tubuh yang satu ini berperan penting dalam menyaring racun yang ada di dalam tubuh. Fungsi penting ginjal lainnya adalah untuk menjaga keseimbangan garam dan mineral, memproduksi renin pengatur tekanan darah, menghasilkan vitamin D yang penting bagi tulang, juga eritropoetin yang berguna untuk menstimulasi produksi sel darah merah. Jika ginjal Anda rusak alias berhenti berfungsi, segala unsur kimia yang ada di dalam tubuh Anda akan berantakan. Dan otomatis, kinerja organ tubuh lain seperti jantung akan turut terganggu.

Obesitas menjadi salah satu pemicu utama timbulnya penyakit ginjal pada tubuh manusia. Obesitas berpotensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi, dua penyakit yang merupakan faktor risiko tertinggi penyebab penyakit ginjal kronik. Oleh karena itu, menurunkan berat badan dan menjaga pola makan sehat menjadi langkah awal bagi Anda untuk menghindari timbulnya penyakit ginjal. Berolahragalah secara teratur untuk menjaga kebugaran dan mengontrol berat badan. Karena jika Anda mengalami obesitas, risiko terkena diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung yang mengacu kepada komplikasi ginjal juga akan semakin tinggi.

Faktor lainnya yang bisa menjadi pemicu rusaknya ginjal adalah merokok, konsumsi alkohol berlebih, usia, serta faktor keturunan. Hindari juga makanan berlemak dan yang mengandung banyak garam. Perbanyak konsumsi sayur, buah-buahan, dan minum air putih minimal dua liter sehari.

Pantau terus kondisi kesehatan tubuh Anda dengan melakukan check up kesehatan rutin minimal satu kali dalam setahun. Pemeriksaan kesehatan secara berkala ke dokter juga amat penting untuk dilakukan. Yang harus Anda periksa adalah gula darah, urin lengkap, ureum dan kreatinin, kolesterol, LDL-kolesterol, dan trigliserid.

Yuk, mari kita peduli terhadap kesehatan ginjal !

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References :

http://www.dinkesjatengprov.go.id/v2015/index.php/39-rokcontent/frontpage/376-ginjal

https://kumparan.com/intan-kemala/selamat-hari-ginjal-sedunia-yuk-sayangi-ginjal-kamu#VGjhR8JruIvdlUFJ.99


Share this Post:

Related Posts: