Keunggulan Kecerdasan EQ dalam Karier

Keunggulan Kecerdasan EQ dalam Karier


EQ alias emotional intelligence dan IQ alias intelligent quotient atau sama-sama standar kecerdasan yang bisa diukur. Bedanya, EQ adalah ukuran kecerdasan emosional, sedangkan IQ adalah kecerdasan intelektual.

Berikut ini keunggulan kecerdasan EQ dalam karier:
1. Bisa menjadi pemimpin yang lebih efektif

Kecerdasan emosional yang baik akan mempermudah membangun relasi yang baik dengan orang lain. Pemimpin dengan EQ yang baik akan disukai karena mampu berkomunikasi dengan efektif dan persuasif.

2. Pintar membaca situasi

Kecermatan menempatkan diri dalam berbagai situasi bakal menuntun karier ke arah lebih baik. Orang dengan EQ yang baik tidak akan membuat duka bagi rekan kerja menjadi bahan candaan. Sebaliknya, ketika sedang ada yang bersenang hati, pasti ikut terlibat memberi selamat untuk memberi tanda bahwa kita peduli. Sikap seperti ini bagus untuk karier karena kolega akan merasa nyaman bekerja dengan kita.

3. Pintar bernegosiasi

Negosiasi tidak bisa dilakukan dengan lancar bila sulit membaca situasi. Negosiasi dengan klien, misalnya, harus tahu apa yang dibicarakan dan kapan membicarakannya.

4. Lebih tahan banting

Persaingan di dunia kerja sangat keras, bahkan sesama rekan kerja bisa saling sikut tak kenal ampun. Tapi orang yang memiliki EQ yang baik, segala serangan tidak akan mempan. Seseorang yang cerdas secara emosional tidak mudah tersinggung jika dikritik.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :
http://lifestyle.liputan6.com/read/3128344/ini-4-k...


Share this Post:

Related Posts: