Menulis E-mail juga perlu Sopan Santun

Menulis E-mail juga perlu Sopan Santun

Sikap sopan santun masyarakat di era modern yang memiliki teknologi super canggih saat ini cukup memprihatinkan. Banyak orang yang menomorduakan tata krama sebagai suatu sikap yang tak lagi dijunjung tinggi, khususnya dalam surat-menyurat secara elektronik, atau e-mail.

Penulisan e-mail dianggap menjadi hal yang kini 'digampangkan' oleh para pelamar kerja. Jika dahulu menulis e-mail adalah perkara sulit, kini justru banyak orang yang tidak memperhatikan etika dalam menulis e-mail.

Padahal, komunikasi secara profesional bisa menunjukkan sikap profesionalitas seseorang. Dilansir Business Email Etiquette, penilaian terhadap seseorang tak hanya dilihat dari segi visual saja namun juga dilihat dari tata cara dalam berkomunikasi baik verbal ataupun non-verbal.

Bentuk komunikasi melalui e-mail juga menjadi penentu penilaian yang bisa menentukan orang tersebut berkualitas atau tidak. Kesan pertama juga akan terlihat dari e-mail yang mereka tulis. Sama seperti berkomunikasi tatap muka secara langsung, komunikasi melalui e-mail sejatinya juga perlu memiliki etika dan sopan-santun meski kamu tidak bertemu.

Jika kesan buruk sudah diperlihatkan dari awal mengirim e-mail, bukanlah hal yang mustahil jika kamu tidak akan dipertimbangkan. Baik sebagai calon pelamar kerja atau rekan bisnis. Oleh karena itu, etika mengirim e-mail pun perlu diperhatikan mengingat hingga saat ini tata krama masih menjadi kunci utama dalam mencari sebuah pekerjaan dan menjalin hubungan dengan rekan bisnis untuk memperluas koneksi.

Sopan santun adalah bagian dari perilaku diri yang terekspresi dari kualitas moral. Ketika seseorang kehilangan sopan santun dalam kehidupan, maka dia sedang meracuni kehidupan dengan sikap dan perilaku buruk. Sopan santun memperlihatkan kualitas kepribadian seseorang. Semakin rendah hati dan beretika seseorang, maka dia akan mengekspresikan sopan santun dengan tulus dan penuh percaya diri.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://kumparan.com/luthfa-nurridha1487566251351/memprihatinkan-hilangnya-sopan-santun-dalam-menulis-e-mail#1fbEP7vBg8rLMSFj.99

http://djajendra-motivator.com/?p=4441

Share this Post:

Related Posts: