Pertanyaan Tersulit saat Wawancara Kerja dan Trik Menjawabnya

Pertanyaan Tersulit saat Wawancara Kerja dan Trik Menjawabnya

Wawancara kerja menjadi momen yang harus dipersiapkan dengan matang agar dapat berjalan dengan mulus karena proses wawancara kerja merupakan gerbang pintu untuk meniti karir dan juga gerbang untuk mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan yang sudah diimpikan.

Salah satu strategi atau hal yang dapat mengurangi kadar ketegangan saat wawancara kerja adalah mengenali dan mempersiapkan jawaban terhadap pertanyaan yang sering diajukan saat wawancara kerja. Yuk ketahui dan persiapkan diri dengan pertanyaan berikut ini:

1. Ceritakan tentang diri Anda
Anda bisa memulai dari background pendidikan, kemampuan yang dimiliki, pekerjaan sebelumnya dan juga keunggulan dari diri Anda. Sebenarnya, tujuan dari pertanyaan ini hanyalah untuk meminta Anda berbicara dan membagikan sedikit hal tentang diri Anda.

2. Apa kelebihan/kekurangan Anda?
Sang pewawancara ingin memastikan bahwa Anda sudah mengenal diri Anda dengan benar dan sudah mengetahui cara menanganinya.

3. Ceritakan momen kegagalan Anda dan bagaimana Anda menyelesaikannya?
Sang pewawancara ingin menilai bagaimana Anda bersikap dan menyelesaikan masalah di bawah tekanan. Jawablah dengan jujur. Jangan lupa ikuti dengan apa yang Anda lakukan setelahnya untuk menebus kegagalan tersebut.

4. Bagaimana kemampuan Anda bisa bermanfaat untuk perusahaan?
Pastikan sebelumnya Anda telah melakukan riset terhadap perusahaan yang Anda lamar: visi dan misinya. Lalu, Anda bisa mengaitkan visi dan misi perusahaan dengan kemampuan dan pencapaian yang telah Anda miliki.

5. Mengapa kami harus memilih Anda?
Tekankan kembali kelebihan dan juga pencapaian yang telah Anda miliki untuk menjadi nilai tambah di profilmu. Setelah menceritakan kemampuan Anda yang berhubungan dengan posisi tersebut, tambahkan informasi lain tentang diri Anda yang akan menunjang kontribusi tersebut.

Itulah berbagai pertanyaan tersulit saat wawancara kerja. Apa Anda pernah mengalami hal serupa?

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
https://www.shopback.co.id/blog/5-pertanyaan-tersu...



Share this Post:

Related Posts: