Hari Kanker Anak Sedunia (15 Februari 2018)

Hari Kanker Anak Sedunia (15 Februari 2018)

Penyakit kanker tak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Berdasarkan data WHO, lebih dari 150.000 anak di seluruh dunia terdiagnosa penyakit mematikan itu. Setiap tanggal 15 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Anak Sedunia. Sudah sepatutunya kita semua mendeteksi dini penyakit tersebut agar tidak mengganggu masa depan anak-anak.

Kanker lebih membunuh banyak orang bila dibandingkan dengan serangan penyakit menular. Karena jumlah penderitanya semakin banyak, seiiring dengan deteksi dini yang sedang digalakkan. Berdasarkan Globocan 2012, angka penderita kanker meningkat dengan jumlah kematian sebesar 8,2 juta di tahun yang sama.

Kanker pada anak telah menyentuh semua wilayah di dunia. Dampaknya sangat mengganggu keluarga dan masyarakat. Dengan akses ke perawatan berkualitas, lebih dari 80% dari anak-anak dengan kanker dapat bertahan hidup. Anak-anak menjalani hidup penuh semangat dan sehat. Tetapi, masih banyak anak di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah tidak menerima perawatan lengkap. Hasilnya, lebih dari 90% kematian akibat kanker anak terjadi.

Upaya pencegahannya, yakni setiap orang harus melakukan gaya hidup sehat. Kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit kanker di Indonesia pun dianggap meningkat. Karena saat ini orang tak takut pergi ke fasilitas kesehatan untuk deteksi dini dan berobat. Bahkan di setiap provinsi sudah banyak komunitas dan pemerintah daerah mengadakan kampanye deteksi dini kanker. Tujuannya tidak lain untuk mengendalikan jumlah penderita kanker yang semakin lama meningkat.

Mari kita peduli dengan kesehatan anak-anak dan mulai melakukan pencegahan dini penyakit kanker dengan menerapkan pola hidup sehat pada anak-anak.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/15/481/...

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/04/481/...



Share this Post:

Related Posts: