Hari Anti Korupsi


Hari Anti Korupsi


PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) menetapkan hari korupsi diperingati setiap tanggal 9 Desember mulai tahun 2003. Keputusan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran serta kewaspadaan kita terhadap maraknya korupsi, dan juga peranan Konvensi PBB dalam melawan korupsi, baik memeranginya maupun dalam melakukan upaya pencegahan terhadap korupsi.

Indonesia sebagai salah satu negara yang tidak terlepas dari korupsi, menggaungkan perlawanannya dengan menetapkan tanggal 9 Desember sebagai hari anti korupsi mulai tahun 2004. Hal tersebut ditandai dengan dikeluarkannya Intruksi Presiden (Inpres) nomor 5 Tahun 2004 Tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi pada tanggal 9 Desember 2004. Sejak itu, setiap tahunnya pemerintah memperingati hari anti korupsi.

Dari tahun ke tahun peringatan hari anti korupsi ini semakin melebar ke berbagai kalangan masyarakat. Hal ini dapat dimaklumi, karena efek yang dirasakan dari praktek korupsi sudah sedemikian hebat dan sangat menyengsarakan rakyat. Sangat wajar, ketika akhirnya kejahatan yang dilakukan oleh para koruptor digolongkan dalam extra-ordinary crime, sebuah kejahatan yang luar biasa.

Hal tersebut dikarenakan kejahatan ini yang membuat bangsa ini semakin sulit untuk berkembang dan kemudian mengarah pada kemajuan bangsa. Bebagai intrik dan modus korupsi semakin berkembang dan semakin menyentuh segala lini kehidupan. Bagaimana tidak, dalam kehidupan sehari hari, terkadang warga masyarakat dipaksa untuk melakukan korupsi untuk mendapatkan haknya. Terkadang hanya untuk mendapatkan surat keterangan ataupun surat-surat lainnya, kita dipaksa untuk membayar lebih, apalagi jika ingin urusan kita itu cepat selesai.

Sebagai warga Negara yang tentunya menjunjung tinggi kejujuran dan perkembangan Negara mari kita perangi korupsi bersama-sama.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Referensi :

https://birenmuhammad.wordpress.com/2014/12/10/per...

http://news.okezone.com/read/2015/12/08/337/126294...

Share this Post:

Related Posts: