Hari Kanker Sedunia

Hari Kanker Sedunia (4 Februari 2018)

Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008.

Tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah menyelamatkan jutaan jiwa dari kematian yang dapat dicegah, dengan cara mendorong pemerintah dan individu untuk mengambil langkah, meningkatkan kepedulian pada kanker dan meningkatkan langkah pencegahan, deteksi dini, maupun pengobatannya dan juga untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.

“Kita Bisa, Aku Bisa (We can, I Can)” menjadi tema hari Kanker Sedunia selama 3 tahun, sejak 2016-2018. Tema tersebut bermakna menyebarkan pesan bahwa setiap orang baik secara bersama atau individual bisa mengambil peran dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

Kanker membunuh lebih banyak daripada AIDS, Malaria, dan TBC. 70% pasien Kanker ada di negara berkembang, 43% Kanker dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi tembakau dan alkohol, mengurangi paparan bahan pemicu kanker, mengikuti program vaksinasi, dan menjalani perilaku hidup bersih dan sehat. Jumlah pasien kanker akan meningkat drastis bila kita tidak berbuat apapun untuk upaya pencegahan.

Lebih dari sekitar 70% kematian akibat kanker di dunia setiap tahunnya terjadi di Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 5 faktor risiko perilaku dan pola makan yang memicu kanker yakni indeks massa tubuh tinggi, kurang konsumsi buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, penggunaan rokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Lebih dari 30% penyakit kanker dapat dicegah dengan cara mengubah faktor risiko perilaku dan pola makan penyebab penyakit kanker.

Kanker yang diketahui sejak dini, memiliki kemungkinan untuk mendapatkan penanganan lebih baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pencegahan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengenali gejala dan risiko penyakit kanker sehingga dapat menentukan langkah-langkah pencegahan dan deteksi dini yang tepat.

Mari kita terapkan pola hidup sehat dan mulai peduli dengan kesehatan diri dengan selalu melakukan pengecekan agar bisa mendeteksi dan melakukan pencegahan terhadap kanker.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Kanker_Sedunia

http://www.harikankersedunia.com/site/page/view/ed...

http://www.netralnews.com/news/kesehatan/read/5283...

Share this Post:

Related Posts: