Tips Mengatur Keuangan


Tips Mengatur Keuangan


Bagi setiap karyawan mengatur keuangan adalah sesuatu yang sangatlah penting. Jika kita tidak dapat mengatur pengeluaran maka penghasilan kita akan habis begitu saja. Untuk itu ada beberapa tips mengatur keuangan sehingga penghasilan dapat dipergunakan semaksimal mungkin.

1. Tentukan Prioritas

List prioritas bulanan yang wajib dan harus dipenuhi. Contohnya sisihkan terlebih dahulu untuk membeli kebutuhan pokok (makanan, sewa tempat tinggal, kebutuhan pribadi, dll). Setelah kebutuhan pokok jangan lupa sisihkan penghasilan untuk menabung.

2. Beli Sesuai Kebutuhan bukan Keinginan

Selalu pertimbangkan sebelum membeli sebuah barang, apakah memang dibutuhkan atau hanya keinginan saja. Seringkali kita membeli sesuatu yang hanya kita inginkan namun belum mendesak atau belum kita butuhkah. Hal-hal seperti itu akan membuat keuangan sering kacau dan tidak teratur.

3. Catat setiap transaksi yang dilakukan

Pencatatan ini berguna untuk melihat seberapa besar pengeluaran bulanan dan dapat dibandingkan dengan penghasilan. Hal ini mampu membuat flow keuangan menjadi lebih jelas, kemana saja kita menghabiskan uang kita atau untuk apa saja kita gunakan uang kita.

4. Hindari Hutang dan Cicilan

Untuk menjaga keuangan yang sehat maka hindari hutang dan berbagai macam cicilan yang ditawarkan. Hindari segala macam hutang yang mungkin ditawarkan, ketika kita memiliki uang minim maka tahan diri untuk tidak membeli sesuatu yang diluar kebutuhan. Begitu pula dengan cicilan, lebih baik untuk membeli secara langsung daripada melalui cicilan. Diawal cicilan akan terasa ringan namun jika keungan kita belum konsisten nantinya cicilan hanya akan menambah pengeluaran yang tidak perlu.

By : Recruitment Corporate Summarecon

Referensi :http://bisnis.liputan6.com/read/609338/10-cara-cer...

Share this Post:

Related Posts: