World Braille Day

World Braille Day

Setiap tanggal 4 Januari, dunia memperingati World Braille Day. Apa itu huruf Braille? Mungkin banyak dari kita belum mengetahui apa itu huruf Braille. Bagi kalian yang belum tahu, Braille merupakan paduan antara ruang kosong dan titik untuk membantu para penyandang tuna netra untuk memahami huruf.

Pada mulanya, Braille diciptakan bukan untuk para tuna netra, namun untuk para tentara agar mudah membaca dan memberi perintah saat gelap. Huruf Braille yang diciptakan untuk tentara ini berbeda. Huruf Braille untuk tentara menggunakan perpaduan antara garis dan titik. Namun, pada tuna netra lebih sensitif terhadap titik dibandingkan garis. Karena itulah braille hanya menggunakan titik dan tidak menggunakan garis.

Pada awal huruf Braille digunakan di lembaga pendidikan, terjadi banyak pertentangan karena huruf dan sistem baca Braille sangat berbeda dengan huruf pada umumnya, sehingga sulit untuk meyakinkan para orang tua dan masyarakat saat itu. Salah satu penentang tulisan Braille adalah Dr. Dufau, asisten direktur L’Institution Nationale des Jeunes Aveugles. Dufau kemudian diangkat menjadi kepala lembaga yang baru.

Untuk memperkuat gerakan anti-Braille, semua buku dan transkrip yang ditulis dalam huruf Braille dibakar dan disita. Namun dikarenakan perkembangan murid-murid tunanetra yang begitu cepat sebagai bukti dari kegunaan huruf Braille, menjelang tahun 1847 sistem tulisan tersebut diperbolehkan kembali.

Pada tahun 1851 tulisan Braille diajukan pada pemerintah negara Perancis agar diakui secara sah oleh pemerintah. Sejak saat itu, Huruf braille mengalami perkembangan pesat hingga digunakan oleh nyaris seluruh kaum tuna netra, dan terus membantu para penyandang tuna netra agar bisa sama sama belajar dan memperoleh pendidikan. Mari kita terus mendukung penggunaan huruf Braille agar terus berkembang menjadi lebih baik!


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
http://umisatiti.blog.uns.ac.id/2011/01/26/sejarah...
https://brailleworks.com/world-braille-day/





Share this Post:

Related Posts: