Makna Pohon Natal

Makna Pohon Natal

Tepat hari ini 25 Desember 2017, umat Kristiani merayakan Hari Raya Natal yang merupakan hari kelahiran Yesus Kristus. Pada Hari Natal ini, umat Kristiani tidak hanya melakukan kegiatan keagamaan di gereja-gereja saja, tetapi juga melakukan kegiatan menghias pohon natal bersama keluarga ataupun saudara-saudara. Biasanya, umat kristiani menggunakan pohon cemara hijau berbentuk bidang segitiga yang dijadikan sebagai lambang Hari Natal, yang kemudian disebut pohon Natal.

Terdapat legenda mengenai asal mula pohon Natal di kalangan umat Kristiani. Seorang rohaniawan Inggris, yang bernama Santo Bonifasius, melintasi hutan bersama para pengikutnya pada malam Natal. Kemudian, mereka melihat sekelompok orang yang ingin mempersembahkan anaknya kepada dewa Thor di sebuah pohon Oak. Untuk menghentikan perbuatan tersebut, Santo Bonifasius merobohkan pohon tersebut dengan tangannya. Pohonnya pun tumbang dan terbelah menjadi 4 bagian. Dari situ, tumbuhlah sebuah pohon cemara muda.

Cerita lainnya datang dari seorang tokoh reformasi Gereja bernama Martin Luther, yang terkesan dengan sinar-sinar dari bintang yang menembus cabang-cabang pohon cemara ketika sedang berjalan di hutan. Martin Luther, kemudian menebang pohon cemara kecil untuk dibawa pulang ke rumah dan memperlihatkan kepada keluarganya. Untuk menggantikan sinar yang berasal dari bintang, Martin Luther memasang lilin di setiap cabang pohon tersebut.

Pohon natal melambangkan kehidupan yang kekal, seperti pohon lain, pohon cemara memiliki warna yang tetap hijau, walaupun sedang musim dingin sekalipun. Bentuk pohon Natal yang menjulang ke atas dilambangkan sebagai kehidupan rohani untuk mengarah kepada Tuhan. Umat Kristiani diingatkan untuk dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan melakukan perbuatan yang selalu mengarah kepada Tuhan.

Saat musim dingin, hanya pohon cemara yang selalu tampak hijau daunnya. Sedangkan pohon-pohon lainnya rontok berguguran. Jadi pohon cemara itu melambangkan hidup kekal. Dimana makna simbolisnya adalah agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference

http://djamandoeloe.com/read/21/other/pohon-cemara...

http://global.liputan6.com/read/2150193/cerita-asa...

http://style.tribunnews.com/2016/12/12/makna-pohon...

http://www.kompasiana.com/deasymaria/makna-pohon-n...

Share this Post:

Related Posts: