Ciri-Ciri Orang yang Berjiwa Bisnis

Ciri-Ciri Orang yang Berjiwa Bisnis

Bisnis seringkali dianggap mudah oleh masyarakat dunia. Bisnis memiliki tantangan tersendiri dan menjanjikan keuntungan materi yang bisa meningkatkan taraf hidup seseorang. Selain memiliki peluang yang besar untuk meraih keuntugan, bisnis juga memiliki banyak resiko. Begitu banyak kesempatan bisnis yang bisa dijalankan seseorang. Namun apakah setiap orang bisa menjadi pebisnis? .

Menjadi seorang pebisnis bukanlah hanya karena bakat atau keturunan. Usia muda ataupun tua bisa menjadi seorang pebisnis. Baik itu bisnis berskala kecil, menengah atau besar. Asalkan semuanya diawali dengan niat dan tekad yang kuat untuk berbisnis. Bisnis juga bukan hanya soal uang. Terbukti, banyak bisnis besar yang menggunakan modal besar namun juga berakhir bangkrut. Orang harus memiliki jiwa bisnis agar dapat sukses menguasai bidang tersebut. Berikut ini adalah ciri ciri orang yang memiliki jiwa bisnis :

1. Tidak suka di kontrol oleh orang lain

Orang yangt berjiwa bisnis cenderung ingin kebebasan dalam bertindak dan tidak suka berada dibawah kontrol orang lain. Mereka ingin mengatur hidupnya sendiri.

2. Kreatif, inovatif dan memiliki ide-ide out of the box

Orang yang memiliki jiwa bisnis biasanya memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka bisa mengembangkan apa yang tidak diinginkan pembeli menjadi sesuatu yang diminati pasar. Jika hal tersebut tidak dimiliki, maka usaha yang digelutinya cenderung kalah dalam persaingan.

3. Optimis

Sikap optimis harus dimiliki orang yang ingin melakukan bisnis. Walaupun sukses belum tentu terlihat tapi mereka optimis bahwa sukses dapat mereka raih dengan ketekunan dan kerja keras. Optimism ini jugalah yang membuat mereka mampu bertahan dalam menghadapi berbagai kegagalan atau pun hambatan dalam jalan mereka menuju sukses. Dengan memiliki sifat optimis, pebisnis akan menang sebelum bertanding.

4. Tidak cocok berada di kantor

Orang berjiwa bisnis seringkali berdebat dengan atasannya karena selisih pendapat mengenai kebijakan perusahaan, baik yang menyangkut strategi bisnis, maupun aturan untuk para karyawan. Bahkan banyak pengusaha sukses yang dulunya dipecat atau keluar dari perusahaan karena merasa tidak cocok dengan visi misi perusahaan.

5. Semangat dan antusias dalam bekerja

Ciri orang yang berjiwa bisnis yang lain adalah senang bekerja, bersemangat mengembangkan potensi diri dan antusias memikirkan celah bisnis, meskipun saat jam-jam istirahat.

6. Percaya diri dan berani mengambil resiko

Orang yang takut gagal dalam berbagai tindakannya merupakan orang-orang yang jauh dari kata bisnis. Para calon pengusaha biasanya berani melawan tantangan dan siap menghadapi resiko serta mempelajari kembali faktor-faktor yang membuatnya menemui kegagalan.


By. Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://www.kerjausaha.com/2013/05/10-tanda-khusus-...

http://the-divider.blogspot.co.id/2013/03/ciri-cir...

Share this Post:

Related Posts: