International Mountain Day

International Mountain Day

Gunung merupakan suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah lain yang berada disekitarnya. Pada umumnya, gunung memiliki lereng yang curam dan tajam serta memiliki 3 (tiga) tipe utama, yaitu Gunung Api, Gunung Lipatan dan Gunung Patahan. Ketiga tipe gunung tersebut terbentuk dari lempeng tektonik ketika bagian dari kerak bumi bergerak, roboh dan tenggelam. Tenaga endogen, pengangkatan isotasi dan intrusi magma mengangkat lapisan batuan ke atas. Ketinggian dari pengangkatan ini membentuk bukit, jika bukitnya lebih tinggi dan lebih curam maka terbentuklah gunung.

Di Indonesia, tipe gunung didominasi oleh Gunung Api. Hal ini disebabkan oleh perbedaan massa jenis antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia sehingga terjadi penunjaman di batas antar lempeng (zona subduksi). Sampai tahun 2012, Indonesia sudah memiliki 127 Gunung Api aktif dengan kurang lebih 5 juta penduduk yang bermukim disekelilingnya. Gunung Api yang paling aktif yang berada di Indonesia adalah Gunung Kelud yang berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang serta Gunung Merapi yang lerengnya tersebar dari Daerah Istimewa Yogyakarta sampai beberapa wilayah di provinsi Jawa Tengah seperti Magelang, Boyolali dan Klaten.

Sejak tahun 2003, General Assembly Perserikatan Bangsa Bangsa telah menetapkan tanggal 11 Desember sebagai International Mountain Day dengan tujuan mendorong masyarakat secara global untuk menyoroti dan turut berperan aktif dalam pembagunan gunung secara berkesinambungan. Perayaan International Mountain Day biasanya diselenggarakan dengan cara mendaki gunung.

Beberapa tujuan umum seseorang mendaki gunung, diantaranya adalah untuk melakukan penelitian dan mengembangkan ilmu pengetahuan, melakukan misi penyelamatan dalam rangka pelestarian alam seperti reboisasi dan perbaikan jalur pendakian, mengasah dan menemukan hakekat diri dengan cara merenung guna mendapatkan pencerahan dan ketenangan batin, atau hanya untuk mencari kesenangan pribadi dan mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Save the mountain! Because in presence of eternity, the mountains are as transient as the clouds. Nature peace will flow into you as sunshine flows into trees.

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung

https://id.wikipedia.org/wiki/Subduksi

https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gunung_berapi...

https://en.wikipedia.org/wiki/Mountain_Day

http://sispala-sherpa.blogspot.co.id/2013/11/tujua...

Share this Post:

Related Posts: