Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

tips-membuat-cv-tanpa-pengalaman-kerja_tYmj.jpeg

Tips Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja


Di zaman seperti sekarang ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih bagi para fresh graduate yang baru pertama kali mencari pekerjaan dan belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Tentu hal ini menjadi kendala, mengingat banyak perusahaan yang memprioritaskan kandidat yang sudah punya banyak pengalaman kerja. Meski begitu, bukan berarti fresh graduate tidak dapat memikat perusahaan impian dengan CV sebagai modal untuk memperkenalkan dan menonjolkan kualitas diri. Lalu bagaimana cara untuk membuat CV yang efektif dan menarik untuk fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja? Terapkan tips berikut ini.


1. Buat CV Anda mudah dipahami

Sangatlah penting untuk menulis informasi yang lengkap di CV Anda, tetapi perlu diperhatikan juga untuk menekan informasi penting agar CV Anda dapat dengan cepat dilihat oleh perekrut. Karena menurut penelitian, pihak perekrut hanya menghabiskan waktu sekitar 6 detik saja untuk meninjau resume yang Anda kirimkan.

2. Menetapkan tujuan yang jelas

Anda harus dapat menyebutkan dan menunjukkan tujuan Anda dengan jelas seperti posisi apa yang Anda harapkan atau bidang pekerjaan yang menarik minat Anda. Hal yang penting untuk diingat adalah keterampilan dan pendidikan Anda harus berhubungan dengan tujuan tersebut.

3. Jujurlah dengan kekuatan Anda

CV terbaik adalah yang dibuat dengan jujur, yang mencerminkan apa adanya tentang diri Anda sendiri, dan tidak melebih-lebihkan apa yang ada pada diri Anda sendiri, namun dikemas dalam bahasa atau kalimat yang menarik, ditunjang dengan tata letak yang tepat. Cara ini akan mudah memikat perusahaan yang hendak Anda tuju.

4. Pengalaman apapun yang pernah dilakukan

Ada banyak pengalaman yang bisa dicantumkan dalam CV Anda, bisa berupa pekerjaan paruh waktu saat sedang berkuliah. penghargaan yang pernah didapatkan, partisipasi pada organisasi, dan lain sebagainya. Meskipun pengalaman tersebut tidak memiliki hubungan dengan pekerjaan yang dilamar, Anda tetap bisa menjadikan pengalaman pekerja tersebut sebagai nilai tambah.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://koinworks.com

Share this Post:

Related Posts: