International Children Day

international-children-day_9ix9.jpeg

International Children’s Day


International Children's Day adalah hari yang didedikasikan untuk mengapresiasi anak-anak, yang diperingati bersamaan di sejumlah negara di dunia. Awalnya, Children's Day atau Hari Anak pertama diperingati pada tahun 1857 oleh Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta Gereja Penebus Universalis di Chelsea, Massachusetts. Leonard mengadakan layanan khusus yang didedikasikan untuk anak-anak. Leonard menamakan hari itu sebagai Rose Day, meskipun kemudian dinamai Flower Sunday, dan kemudian dinamai Children's Children. Sementara itu, The International Day for Protection of Children (Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak) dirayakan di banyak negara sebagai Hari Anak pada 1 Juni sejak 1950. Hari tersebut didirikan oleh Federasi Demokrasi Internasional Wanita pada kongresnya di Moskow (4 November 1949).

Hari Anak Internasional diciptakan untuk melindungi hak-hak anak dan mengurangi angka anak-anak yang sudah bekerja. Perayaan ini mengadopsi Deklarasi Jenewa yang menetapkan prinsip-prinsip untuk melindungi anak-anak dan menerapkan berbagai hak-hak untuk anak. 

Di Amerika Serikat, Hari Anak biasanya dirayakan pada hari Minggu kedua di bulan Juni. Tradisi tanggal kembali ke 1856 ketika Pendeta Dr. Charles Leonard, pendeta Gereja Penebus Universalis di Chelsea, Massachusetts, mengadakan layanan khusus yang berfokus pada anak-anak. Di Indonesia sendiri juga terdapat peringatan Hari Anak Nasional yang dirayakan setiap 23 Juli. Tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional ini diperingati sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Sementara, di berbagai tempat di seluruh dunia, hari Anak diperingati pada tanggal yang berbeda-beda. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain. Perayaan ini bertujuan menghormati ha