7 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja



7 Cara Tingkatkan Motivasi Kerja

Setelah bersantai di akhir pekan pasti rasanya berat untuk kembali masuk kerja di hari Senin. Untuk itu, penting bagi pekerja untuk mencari motivasi kerja agar bisa semangat kembali menyambut hari Senin. Apalagi jika mengingat suasana kantor yang membuat jenuh, tugas dan deadline yang menumpuk serta target yang harus dicapai. Hal-hal seperti ini bisa menurunkan motivasi kerja dan mempengaruhi kinerja. Berikut tujuh cara meningkatkan motivasi kerja agar selalu semangat menyambut hari Senin.

1. Jangan Anggap Pekerjaan Sebagai Beban

Motivasi kerja yang harus selalu diingat adalah jangan menganggap pekerjaan sebagai beban yang berat. Anggap proyek yang Anda lakukan sebagai bagian dari puzzle yang bisa membantu Anda meningkatkan jenjang karier, dengan begitu energi yang dibutuhkan untuk bekerja akan datang dengan mudah.

2. Buat Goal yang Lebih Kecil

Mengerjakan proyek besar pasti akan membuat Anda kebingungan harus mulai dari mana. Untuk itu daripada fokus pada goal berskala besar yang mengerikan lebih baik pecahkan goal tersebut menjadi porsi yang lebih kecil yang bisa dikerjakan secara perlahan.

3. Rajin Membaca

Menyisihkan waktu untuk membaca di saat ingin mencari motivasi kerja terdengar kontra-produktif. Tapi, kadang melakukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita bisa membantu produktivitas. Bangunlah kebiasaan membaca setiap hari, dimulai dari 20 menit di pagi hari selama satu bulan. Kebiasaan ini akan membentuk cara berpikir Anda secara jangka panjang sekaligus menginspirasi Anda. Sebagai motivasi tambahan, banyak orang sukses yang menyebut kebiasaan membaca buku membantu kesuksesan mereka. Sebut saja Bill Gates, Warren Buffett dan Elon Musk.

4. Abaikan Hal Tidak Penting

Cara meningkatkan motivasi kerja untuk karyawan antara lain dengan mengabaikan hal tidak penting. Perhatikan to-do list Anda dan cari kegiatan atau tugas yang menurunkan motivasi dan tidak perlu dilakukan. Coret kegiatan tidak penting tersebut dari agenda Anda. Anda akan terus termotivasi untuk bekerja keras jika melakukan tugas yang benar-benar berarti atau bagian dari misi yang lebih besar.

5. Jangan Lupa Istirahat

Jangan terlalu fokus untuk menyelesaikan masalah hingga berjam-jam karena ini justru tidak produktif. Berhenti sejenak dan istirahatlah setiap satu atau dua jam. Jangan habiskan waktu Anda hanya duduk di depan meja. Berdiri sejenak, luruskan kaki dan istirahatkan mata, maka Anda bisa kembali bekerja dengan jiwa dan raga yang lebih segar.

6. Cari Tujuan Bekerja

Contoh hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi kerja adalah dengan mengingat tujuan Anda bekerja. Semua orang pasti memiliki tujuannya sendiri untuk bekerja, misalnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, membantu biaya sekolah adik, membiayai pengobatan orang tua atau untuk melanjutkan pendidikan. Jangan lupakan juga tujuan profesional yang mendorong Anda bekerja.

7. Rayakan Semua Pencapaian

Cara meningkatkan motivasi kerja lainnya adalah dengan mengakui semua hal baik yang Anda lakukan, termasuk hal-hal kecil yang mungkin sebelumnya Anda anggap remeh. Jika Anda selalu menunggu mendapatkan pencapaian yang sifatnya jangka panjang, Anda bisa lupa betapa pentingnya pencapaian kecil yang bisa dicapai sehari-hari. Hal ini bisa membuat motivasi Anda menurun, apalagi jika tidak ada "hadiah" yang menunggu. Manjakan diri Anda dengan merayakan semua pencapaian, sekecil apa pun itu.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://wolipop.detik.com

Share this Post:

Related Posts: