Infografis - Tips Belajar Online saat Pandemi COVID-19

infografis-tips-belajar-online-saat-pandemi-covid-19_2uuP.jpeg

Tips Belajar Online Saat Pandemi COVID-19


Penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19 di Indonesia membuat banyak universitas dan sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka. Hal tersebut dilakukan untuk menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas. Sebagai gantinya, kampus dan sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan online. Nah, belajar via online memiliki tantangan tersendiri. Mahasiswa maupun pelajar dituntut memiliki komitmen untuk melakukan pembelajaran secara mandiri. Belajar via online terkadang tidak ada jadwal ketat dan dosen atau guru yang menjelaskan materi lebih leluasa, dibanding saat belajar mengejar dengan tatap muka. Agar belajar online bisa efektif, berikut beberapa tips untuk kamu:

1. Cari tempat nyaman

Cari sudut rumah atau kos yang nyaman buat belajar, pakai meja belajar portable dan gelar tikar. Dekor area meja belajarmu sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar.

2. Siapkan Perangkat

Pastikan perangkat yang kamu gunakan telah siap, baik itu paket data internet, baterai smartphone dan laptop. Jangan lupa juga colokan listrik.

3. Manajemen Waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Kerjakan tugas sesuai dengan deadline.

4. Tetap Jaga Kebersihan

Disaat-saat seperti ini kebersihan merupakan hal penting. Selalu cuci tangan dan tidak lupa membersihkan perangkat belajar online kamu, baik smartphone maupun laptop.

5. Teman belajar

Belajar online memiliki tantangan sendiri, sebab kita tidak bisa langsung bertanya sejelas-jelasnya kepada dosen atau guru. Carilah teman belajar secara online, untuk mendiskusikan materi yang dipelajari.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://arbaswedan.id/tips-belajar-online-saat-pandemi-covid-19/

Share this Post:

Related Posts: