Tetap Jaga Silahturahmi Walau Tidak Mudik Lebaran



Tetap Jaga Silahturahmi Walau Tidak Mudik Lebaran


Pemerintah telah mengeluarkan himbauan untuk tidak melakukan mudik bersama guna memberikan perlindungan atas kesehatan dan keselamatan bagi masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 serta memutus penyebaran Covid-19 yang disebabkan oleh mobilitas penduduk dari satu wilayah ke wilayah lainnya di Indonesia. Namun, jangan berkecil hati dulu. Masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga dan kerabat yang jaraknya jauh, kok. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

1. Mengirim hadiah lebaran

Buat kamu yang sudah bekerja, tunjukkan hasil kerja kerasmu kepada keluarga di rumah dengan mengirimkan mereka hadiah lebaran. Dengan begitu, mereka akan merasa semakin tenang karena mengetahui kamu sudah memiliki pekerjaan yang baik di tempat rantau. Tak perlu mengirimkan hadiah mahal, yang penting bermanfaat dan sesuai selera anggota keluargamu. Beberapa hadiah yang dapat kamu berikan antara lain pakaian, kue kering, dan alat salat.

2. Kirim kartu lebaran dan foto lewat pos

Selain hadiah, kamu bisa mengirimkan kartu Lebaran berisi pesan, foto dan permohonan maaf lewat pos. Sekarang memang sudah zamannya chat dan SMS. Namun, tak ada salahnya memakai cara konvensional untuk mengirim ucapan Lebaran ke anggota keluarga. Cara ini akan terasa lebih berkesan bagi keluargamu karena menunjukkan kamu benar-benar effort ingin menyambung silaturahmi dengan mereka.

3. Saling berkirim gambar lewat chat application

Mengirim foto juga dapat dilakukan lewat chat application. Kini telah diciptakan berbagai chat application yang memungkinkan seseorang untuk menerima image dalam hitungan detik. Agar aktivitas menyenangkan ini bisa berjalan dengan lancar, pilih provider yang menawarkan paket internet yang nggak bikin kantong bolong. 

4. Berkirim kartu ucapan elektronik

Jika tidak sempat mengirimkan hadiah atau kartu lebaran lewat pos, berkirim kartu ucapan elektronik adalah solusinya. Saat ini, sudah tersedia berbagai aplikasi berbasis smartphone yang dapat anda gunakan untuk merangkai kartu ucapan dengan pesan suara atau video di dalamnya. Hanya dengan sedikit kreativitas, kartu ucapan elektronik versi anda pun sudah dapat diciptakan.

5. Telepon dan video call

Rasanya tak afdal kalau bersilaturahmi dengan keluarga di rumah tanpa mendengar suara atau melihat wajah mereka. Beruntung, di zaman teknologi maju seperti ini, kamu bisa mengandalkan fasilitas telepon atau video call kapan pun. Rasa rindu pun akan jauh lebih berkurang setelah mengobrol dengan orangtua dan anggota keluarga lainnya.

6. Manfaatkan media social sebaik mungkin

Selain keluarga, kita juga perlu menjalin silahturahmi pada kerabat dan teman. Kita dapat mencari sahabat atau kerabat yang mungkin sudah lama tidak terhubung, tidak bertemu langsung (tatap muka maupun tatap suara). Kita dapat menggunakan fasilitas search di sosial media.

7. Terhubung dalam komunitas

Pastikan kita mengikuti (tergabung) pada komunitas, organisasi atau keluarga besar dimana kita pernah ada didalamnya, sehingga akan memudahkan kita terhubung dengan sahabat dan kerabat lainnya yang juga bagian dari kelompok tersebut dan mempermudah kita menjalankan silahturahmi online.

Meskipun sedih rasanya karena harus menunda kepulangan tahun ini, ada sisi positif yang bisa Anda tarik jika menunda mudik, yakni Anda dapat lebih hemat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, mudik memang tidak terlepas dari banyaknya dana yang harus dikeluarkan. Persiapan dana untuk transportasi, rekreasi, oleh-oleh, sampai THR memang tidak bisa dihindari. Maka dari itu, jika tahun ini Anda tidak mudik, maka manfaatkan kesempatan ini untuk menyimpan dana lebih yang bisa dialokasikan untuk keperluan lainnya.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

Permenkes No. 9 Tahun 2020

https://www.liputan6.com

https://www.kompasiana.com

https://plus.kapanlagi.com

https://uangteman.com

https://www.amalan.com

Share this Post:

Related Posts: