Infografis - Healthy Parenting Dalam Menghadapi COVID-19

infografis-healthy-parenting-dalam-menghadapi-covid-19_tQI5.jpeg

Healthy Parenting dalam Menghadapi COVID-19


Healthy parenting adalah hal penting untuk membantu orang tua berinteraksi secara konstruktif dengan anak-anak mereka selama masa berdiam diri dirumah dalam langkah menghindari penularan virus corona. Terdapat 6 tips yang dapat Anda lakukan, berikut penjelasannya.

1. One-on-One Time

Dengan diliburkannya sekolah-sekolah, orang tua mendapatkan kesempatan yang lebih untuk berinteraksi dengan anaknya, dengan cara mengobrol bersama tentang apa yang mereka sukai, melakukan hal-hal yang mereka inginkan bersama, menggambar, mendengarkan musik, dan lain-lain.

2. Keeping it positive

Dalam keadaan seperti ini sangat penting membangun suasana yang positif sehingga anak Anda tidak merasa tertekan atau stress. Bisa dengan memuji kebiasaan baik mereka, menegur dengan kata-kata positif, serta membantu mereka untuk tetap terhubung dengan teman-temannya melalui social media.

3. Structure Up

COVID-19 telah mengubah banyak hal salah satunya rutinitas kantor dan sekolah. Ini saatnya membangun rutinitas yang baru. Seperti membuat rutinitas yang fleksibel namun konsisten, rutinitas mencuci tangan dan menjaga kebersihan lainnya, serta mengajarkan tentang safe distance pada anak Anda. Perlu diingat bahwa Anda adalah contoh bagi perkembangan kebiasaan anak Anda.

4. Bad Behavior

Anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dan tidak jarang melakukan kebiasaan yang salah. Hal tersebut normal ketika anak Anda sedang lelah, lapar, atau takut. Anda perlu mengarahkan mereka secara khusus ketika kebiasaan itu datang. Alihkan perhatian mereka saat kebiasaan tersebut muncul dengan mengajak mereka bermain bersama, serta memberikan mereka tugas atau pekerjaan lain. Bisa juga dengan memberikan konsekuensi pendisiplinan agar mereka enggan melakukannya.

5. Keep Calm and Manage Stress

Hal terpenting adalah mengelola tubuh dan pikiran Anda agar tidak stress, barulah kita dapat memberikan support pada anak Anda. Ketika Anda mulai merasa lelah, luangkan waktu sendiri untuk melakukan hal yang dapat membuat Anda tenang dan relax. Orang tua juga perlu untuk bersikap terbuka dan mendengarkan keluh kesah anak Anda.

6. Talking about COVID-19

Mengedukasi anak Anda tentang pandemic COVID-19 juga penting. Tentang bagaimana virus ini menyebar, gejala, serta cara menghindari penularannya dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti. Jangan lupa untuk memberikan ‘good note’ di akhir penjelasan agar mereka tidak merasa takut dan cemas.


 By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://www.who.int

Share this Post:

Related Posts: