Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini 4 Tipsnya

melamar-kerja-tanpa-pengalaman-ini-4-tipsnya_9OkR.jpeg

Melamar Kerja Tanpa Pengalaman? Ini 4 Tipsnya


Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah bahkan untuk orang-orang yang sudah memiliki pengalaman kerja. Persaingan keras dengan kandidat lainnya harus dijalani, sebab di era modern ini sudah semakin banyak job seeker yang ahli. Lantas, bagaimana dengan kamu yang masih baru lulus kuliah dan tidak punya pengalaman apapun yang bisa kamu ajukan? Tidak perlu khawatir karena artikel ini akan membahas 4 tips melamar kerja tanpa pengalaman.

1. Membuat resume yang menarik

Hindari pikiran bahwa tidak memiliki pengalaman kerja akan menghalangi kamu untuk mendapatkan pekerjaan, terutama ketika ada tools yang ampuh yang dapat memberikan keuntungan bagi kamu, yakni resume yang menarik. Perhatikan persyaratan untuk posisi tersebut sehingga kamu dapat menonjolkan contoh spesifik tentang bagaimana kamu memanfaatkan skill yang diperlukan untuk posisi tersebut.

2. Mengincar pekerjaan entry-level

Kamu dapat melamar pekerjaan di berbagai industri yang mencari kandidat yang dapat mereka latih untuk pekerjaan khusus yang mereka tawarkan. Untuk posisi ini, perusahaan bersedia melatih kamu dari awal sehingga tidak diperlukan pengalaman kerja. Kamu dapat memulai pencarian dengan posisi industri, seperti sales, staf layanan pelanggan, agen properti, pemandu wisata, dan sebagainya.

3. Mendaftar untuk magang

Magang adalah kunci untuk membangun pengalaman dan harus dipertimbangkan jika kamu tidak memiliki pengalaman apapun. Perusahaan lebih cenderung mempekerjakan seseorang dengan pengalaman magang daripada seseorang dengan resume umum yang tidak memiliki pengalaman kerja.

4. Memikat tim rekrutmen selama interview

Pengalaman kerja bukanlah satu-satunya hal yang dibutuhkan dalam melamar kerja. Lebih dari itu, sikap yang positif dan menyenangkan juga menjadi daya tarik tersendiri. Agar bisa mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman, cobalah memikat tim rekrutmen dalam proses interview. Tunjukan kemampuan kamu secara rendah hati supaya wawancara kerja berlangsung dengan lancar dan menyenangkan.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://magazine.job-like.com

Share this Post:

Related Posts: