Cara Membangun Teamwork yang Solid Dengan Cara 7c

cara-membangun-teamwork-yang-solid-dengan-cara-7c_Ux7m.jpeg

Cara Membangun Teamwork yang Solid dengan Langkah 7C


Teamwork bukan sekadar bekerja sama dengan tim, tapi bagaimana tim bisa bekerja sama dengan baik demi kepentingan bersama, bukan pribadi. Untuk mencapai kerjasama tim yang baik bukanlah hal mudah, perlu ditumbuhkan sikap positif di antara anggota dalam sebuah tim. Hal ini disebabkan karena masing-masing individu memiliki ide, opini, dan kemauan yang berbeda-beda, sehingga konflik atau benturan dalam sebuah teamwork seringkali tidak terhindarkan. Bagaimana cara membangun teamwork yang solid untuk memberikan performa yang terbaik?

1. Coaching

Coaching merupakan pembinaan yang dilakukan oleh leader kepada anggota tim. Tujuannya adalah untuk memberikan orientasi realitas dan membantu mengatasi hambatan dalam pekerjaan.

2. Character

Setiap SDM dalam sebuah perusahaan tentu memiliki karakter yang berbeda-beda. Setiap leader wajib untuk bisa mengetahui hal ini. Tujuannya adalah agar leader tahu langkah mana yang paling tepat untuk melakukan pendekatan kepada setiap anggota.

3. Communication

Komunikasi yang baik akan memudahkan tim dalam berkoordinasi, bekerja sama, dan bertukar informasi. Hasilnya, mereka tak akan merasa terbebani untuk menemukan langkah efektif dalam mencapai goals yang ingin dicapai oleh perusahaan.

4. Commitment

Komitmen dari SDM dapat menentukan loyalitas dan kinerja mereka di perusahaan. Jika sudah memiliki komitmen, mereka tentu akan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya.

5. Contagious Energy

Maksud dari contagious energy adalah energi positif yang menular. Motivasi kerja yang diberikan oleh leader kepada anggota tim dapat membuat mereka lebih semangat dan percaya diri untuk menunjukan performa optimal.

6. Caring

Sikap peduli di lingkungan kerja akan membuat SDM bisa selalu mendukung satu sama lain. Mereka tidak akan segan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan agar bisa mencapai kesuksesan yang diharapkan.

7. Consistency

Konsistensi adalah wujud pertanggungjawaban terhadap nilai-nilai yang berlaku di perusahaan. Jika hal ini sudah tertanam di dalam diri anggota tim, mereka tentu bisa membangun kerja sama yang solid untuk mewujudkan kesuksesan berkelanjutan bagi perusahaan.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://actconsulting.co

Share this Post:

Related Posts: