Infografis - Tips Mengelola Kesehatan Psikologi dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

infografis-tips-mengelola-kesehatan-psikologi-dalam-menghadapi-pandemi-covid-19_wXrL.jpeg

Tips Mengelola Kesehatan Psikologi dalam Menghadapi Pandemi COVID-19


Mengikuti perkembangan tentang virus corona memang penting untuk kewaspadaan. Namun terus-menerus terpapar informasi, baik yang terpercaya maupun tidak, juga dapat membuat seseorang menjadi lebih stress. Efek fisik maupun psikologis yang bisa muncul meliputi rasa takut dan khawatir berlebihan terhadap kesehatan diri sendiri maupun orang-orang tercinta, perubahan pola tidur dan pola makan, serta memburuknya masalah kesehatan yang sudah ada. Berikut beberapa tips yang dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda 

1. Cari sumber-sumber yang dapat dipercaya

Dalam sehari, berapa banyak informasi yang beredar seputar corona di grup aplikasi pesan Anda? Kita sebaiknya lebih hati-hati karena tak menutup kemungkinan bahwa berita itu hoaks. Pastikan selalu memantau perkembangan dari sumber yang terpercaya seperti situs WHO, Kementrian Kesehatan RI, dan media terpercaya.

2. Jaga kesehatan dengan baik

Di tengah pandemic COVID-19 ini, salah satu hal yang dapat kita lakukan agar lebih tenang adalah menjaga kesehatan. Saat kita merasa tidak menjaga kesehatan diri dengan cukup baik, kita mungkin akan lebih takut untuk tertular. 

3. Tetap terhubung dengan orang-orang tercinta

Dengan memelihara koneksi bersama orang-orang yang disayangi, rasa panik, takut, dan lelah yang mendera niscaya dapat jauh berkurang. Menelpon atau melakukan video call dengan keluarga dan teman-teman termasuk cara jitu yang bisa kita lakukan untuk tetap terhubung dan menjaga kesehatan mental.

4. Istirahat sejenak dari berita

Tidak sehat jika Anda terus-menerus membaca, mendengar dan menonton berita. Cobalah luangkan waktu untuk bersantai dan melakukan beberapa aktivitas yang Anda sukai.

5. Alihkan perhatian untuk sementara

Sesekali kita juga butuh untuk bersantai beberapa waktu. Sebagai contoh, Anda bisa bermain bersama hewan piaraan, berjalan mengelilingi rumah, merawat tanaman, dll.

6. Berpikir positif

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memelihara pikiran positif. Mulai dari memberikan sugesti positif pada diri sendiri, lebih berfokus pada hal-hal baik dan menyenangkan dalam hidup, serta berbagi cerita dan canda dengan orang-orang tercinta.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://kesehatan.kontan.co.id

Share this Post:

Related Posts: