Infografis - Cara Mencegah COVID-19




Cara Mencegah COVID-19


World Health Organization (WHO) telah menaikkan status virus corona COVID-19 menjadi pandemi. Apakah acara mencegah tak terinfeksi virus corona? Menurut WHO cara mencegah penularan virus corona dengan menerapkan hidup sehat dan menjaga kebersihan. Berikut sejumlah cara mencegah virus corona:

1. Cuci tangan sesering mungkin

Cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin dengan sabun dan air atau bahan mengandung alkohol akan membunuh virus yang mungkin ada di tangan kamu. Mencuci tangan dengan handrub yang mengandung alkohol minimal 60 persen selama 20-30 detik atau dengan air sabun 40-60 detik.

2. Melakukan Self Quarantine

Batasi diri bertemu dengan orang lain. Membatasi diri sangat efektif dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona yang mempunyai virulensi sangat cepat ini. Membatasi diri artinya banyak berdiam diri di rumah, keluar rumah seperlunya. 

3. Terapkan Social Distancing

Jika harus keluar dari rumah, jagalah jarak minimal 1 meter dengan mereka yang batuk atau bersih. Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin atau bersin, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19.

4. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut

Tangan menyentuh banyak permukaan dan virus mungkin menempel di sana. Setelah terkontaminasi, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut kamu. Dari sana, virus bisa masuk ke tubuh dan bisa membuat sakit.

5. Lakukan aturan bersin yang benar

Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku saat batuk dan bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah. Jika batuk dan bersin terus menerus, sebaiknya istirahat di rumah. Jika terpaksa keluar, gunakan masker hidung.

6. Jika mengalami demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segeralah berobat

Tetap di rumah jika Anda merasa tidak sehat. Jika Anda mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, cari bantuan medis dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Otoritas nasional dan lokal akan memiliki informasi terbaru tentang situasi di daerah Anda.

7. Jaga kebersihan diri dan lingkungan. 

Kebersihan lingkungan: membersihkan secara agresif periodik daerah-daerah yang sering bersentuhan dengan tangan antara lain: gagang pintu, tombol lift, pegangan eskalator, pagar, keran air dan toilet.

8. Transaksi Cashless

Transaksi disarankan cashless dengan menggunakan uang elektronik, debit ataupun kartu kredit.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:

https://www.cnbcindonesia.com

https://republika.co.id

Share this Post:

Related Posts: