Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja

tips-menjaga-kesehatan-mata-saat-bekerja_cp1D.jpg

Tips Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja


Bagi pekerja kantoran, menghadap komputer adalah sebuah kewajiban yang dilakukan sehari-hari. Selama kurang lebih 8 jam, Anda dituntut untuk selalu fokus dalam bekerja agar hasilnya pun mencapai maksimal. Membiarkan mata Anda terpaku pada layar komputer seharian penuh akan menyebabkan otot mata letih. Efeknya akan langsung terasa, seperti sakit kepala dan pandangan yang kabur. Berikut adalah beberapa tips agar mata tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

1. Atur posisi mata dari layar
Idealnya, Anda berada pada jarak 40 hingga 60 cm dari layar. Jangan sampai Anda terlalu dekat ataupun terlalu jauh saat memandangi layar. Dengan menjaga posisi jarak yang baik maka posisi duduk Anda pun akan menjadi tegak sehingga tidak membuat kondisi tulang punggung menjadi bungkuk.

2. Atur penerangan dan resolusi layar
Aturlah kecerahan pada layar monitor komputer Anda senyaman mungkin. Cerahnya layar dapat mempengaruhi tingkat fleksibilitas pada otot mata. Layar monitor Anda tidak boleh lebih terang atau lebih gelap dari penerangan di kantor.

3. Istirahatkan mata Anda
Setiap 20 menit, berilah mata Anda waktu untuk melihat ke arah benda lain yang berjarak sekitar lima sampai enam meter dari Anda selama 20 detik. Anda juga dapat mengistirahatkan mata dengan melakukan aktivitas kecil seperti pergi ke kamar mandi atau ke pantry.

4. Konsumsi makanan kaya gizi
Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan omega 3, zinc, lutein, vitamin A, C, dan E seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, ikan, telur, dan kacang-kacangan untuk menghindari risiko katarak dan otot mata yang melemah.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


Reference:
https://www.qerja.com/journal/view/232-4-tips-menjaga-kesehatan-mata-saat-bekerja/

Share this Post:

Related Posts: