Hari Musik Nasional

hari-musik-nasional_317G.jpg

Hari Musik Nasional


Hari Musik Nasional adalah peringatan hari musik di Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 9 Maret, disamakan dengan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Sebelumnya WR Soepratman telah dianugerahi sebagai Pahlawan Nasional, berkat karyanya yang menjadi lagu kebangsaan. Makna dan tujuan penetapan Hari Musik Nasional adalah untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pegiat musik Indonesia, serta meningkatkan prestasi pada tingkat nasional, regional, dan internasional. Di setiap peringatan Hari Musik Nasional biasanya ada penyerahan penghargaan bagi insan musik Indonesia, baik yang masih hidup maupun yang telah tutup usia.

Di tahun 2003, desas-desus tentang akan diresmikannya hari Musik Nasional telah lama diperbincangkan. Saat itu Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) memberikan usulan kepada Presiden Megawati Soekarnoputri. Akan tetapi usulan tersebut tidak langsung diterima. Sepuluh tahun berlalu, akhirnya Hari Musik Nasional diresmikan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden No. 10 tahun 2013.

Menurut Keppres Nomor 10 Tahun 2013 itu, musik sendiri merupakan ekspresi budaya universal yang merepresentasikan nilai luhur dan kemanusiaan yang memiliki peran strategis untuk memajukan pembangunan nasional. Diharapkan dalam peringatan Hari Musik Nasional ini, masyarakat Indonesia akan lebih menyukai karya yang dihasilkan oleh musikus Indonesia serta instrumen dan warisan musik khas bangsa.



By: Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Musik_Nasional
https://wartakota.tribunnews.com/2018/03/09/ini-alasannya-hari-musik-nasional-diperingati-setiap-9-maret

Share this Post:

Related Posts: