Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia Digital

keahlian-yang-menunjang-karier-di-era-dunia-digital_hk2e.jpg

Keahlian yang Menunjang Karier di Era Dunia Digital


Digitalisasi membawa banyak perubahan dalam kehidupan umat manusia. Setiap lini pekerjaan kini telah dipengaruhi oleh teknologi digital. Di era digital, tentunya Anda dituntut untuk serba cepat, kreatif, dan inovatif. Maka dari itu, Anda membutuhkan sejumlah keahlian jika ingin memenangkan persaingan dan mempunyai nilai tambah yang besar di mata perusahaan. Keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang karier Anda di era dunia digital? Inilah daftarnya.

1. Pengembangan mental dan kognitif
Jika Anda berhasil membangun mental dan menunjukkan kualitas yang ada pada diri Anda, maka Anda akan sangat dihargai oleh perusahaan. Anda dapat mengembangkan kognitif dengan mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini dan mengambil peluang dan menangani tantangan besar dalam perjalanan karier Anda.

2. Literasi digital dan komputasi
Pastikan Anda menguasai teknologi digital sebaik mungkin mulai dari aplikasi sederhana seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan lain-lain. Pekerjaan era digital membutuhkan kemampuan yang bagus di bidang komputerisasi. Kalau Anda ingin memiliki karier cemerlang, pastikan Anda menguasai komputer sebaik mungkin.

3. Kecerdasan menganalisis data
Seorang analisis dibutuhkan perusahaan untuk menentukan keputusan atau kinerja lanjutan yang berdampak pada kemajuan perusahaan kelak. Selain itu, terdapat banyak pekerjaan yang membutuhkan seorang tenaga ahli yang dapat secara tepat menghitung angka dan signifikansinya.

4. Kecerdasan emosional dan sosial
Penting sekali untuk Anda menguasai kecerdasan emosional dan sosial di dunia kerja agar Anda dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dalam sebuah team dengan baik. Dunia kerja di masa depan juga akan menuntut Anda untuk mengembangkan relasi, dimana Anda harus dapat menjaga hubungan baik dengan semua orang.

5. Pola pikir kreatif dan inovatif

Di dunia digital seperti saat ini, kemampuan untuk memunculkan ide-ide yang kreatif dan inovatif sangatlah dibutuhkan untuk dapat bersaing di dunia digital. Karena kreativitas alami adalah sesuatu yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh teknologi. Dengan menggabungkan kemampuan teknologi dan kreativitas, Anda dapat memberikan yang terbaik untuk karier Anda.


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:
https://www.idntimes.com/life/career/nurul-aulia/5-keahlian-yang-menunjang-karier-di-era-dunia-digital-pp-c1c2/full

Share this Post:

Related Posts: