World Wildlife Day

world-wildlife-day_k3Yf.jpg

World Wildlife Day


Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 3 Maret sebagai Hari Alam Liar Sedunia atau World Wildlife Day untuk mengormati secara khusus satwa dan vegatasi dunia, terutama yang terancam punah dan dilindungi. World Wildlife Day atau Hari Alam Liar Sedunia merupakan kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan nilai penting satwa, flora, dan kehidupan liar dunia. Upaya perlindungan terhadap satwa dan vegetasi liar dan dilindungi saat ini semakin mendesak mengingat nilainya yang semakin besar, dan dampak terhadap lingkungan yang semakin parah.

Sebuah laporan yang dirilis oleh WWF Internasional mengingatkan bahwa perdagangan gelap satwa dan bagian-bagian tubuhnya yang kini mencapai nilai 19 miliar dollar AS, tak hanya mengancam habitat dan kelangsungan hidup berbagai jenis spesies dunia, namun juga mengancam stabilitas pemerintahan dan keamanan nasional berbagai negara yang terlibat. Laporan ini mengungkapkan bahwa upaya yang tengah dilakukan untuk menekan laju perdagangan ilegal bagian-bagian tubuh badak, gajah dan spesies terancam lainnya semakin kewalahan melawan sindikat kejahatan global yang menancapkan kuku mereka dimana-mana. “Upaya perlawanan ini nyaris kalah oleh teknologi, sumber daya dan kekuatan organisasi yang mereka miliki,” ungkap presiden WWF, Carter Roberts.

Sekretaris Jenderal CITES, John Scanlon sendiri menyatakan bahwa penetapan Hari Alam Liar Sedunia ini memiliki makna yang sangat penting bagi perlindungan kehidupan liar di dunia. “Hari Alam Liar Sedunia adalah kesempatan yang ideal untuk merayakan keindahan berbagai bentuk flora dan fauna liar serta meningkatkan kesadaran betapa pentingnya konservasi mereka bagi manusia,” ungkap Scanlon. “Pada saat yang sama, peringatan ini juga mengingatkan kita betapa pentingnya perang melawan kejahatan terhadap satwa dan vegetasi yang dilindungi, dimana hal ini memiliki dampak ekonomi, lingkungan dan sosial.”


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


References:
https://www.mongabay.co.id/2014/01/02/lindungi-keragaman-hayati-dunia-pbb-tetapkan-3-maret-world-wildlife-day/
https://alamendah.org/2015/03/02/world-wildlife-day-hari-alam-liar-sedunia-3-maret/

Share this Post:

Related Posts: