Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016


Hari Sumpah Pemuda


“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”-
Ir. Soekarno

Delapan puluh delapan tahun sudah sejak Sumpah Pemuda pertama kali digaungkan oleh Pemuda Indonesia waktu itu yang haus akan kebebasan Bangsa. Perlu kita ketahui bersama, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak perihal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Pemuda berpikir Indonesia tidak akan bebas jika pemuda tidak bersatu dan berjuang bersama-sama.

Sumpah pemuda lahir di tanggal 28 Oktober 1928 dengan isi :

1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.

3. Kami putra dan putri Indonesia, menjungjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

Dapat dilihat betapa besar peran pemuda pemudi Indonesia yang begitu mencintai Bangsa. Perjuangan tidaklah berhenti sampai disitu, meskipun sekarang kita sudah merdeka dan tidak dijajah lagi, sebagai putra putri Indonesia kita tetap harus menjunjung tinggi sikap nasionalisme.

Mungkin sudah bukan lagi perjuangan yang bersifat fisik seperti perang, namun kita bisa memperjuangkan nilai-nilai Indonesia yang lama-kelamaan sudah mulai memudar di generasi muda Indonesia. Dengan perkembangan teknologi dan mudahnya mendapat indormasi, nasionalisme pun mulai memudar.

Sebagai pemuda pemudi Indonesia ayo turut kobarkan kembali semangat perjuangan Sumpah Pemuda!

By : Recruitment Corporate Summarecon

Source :

http://www.indonesiacayo.com/2015/09/peristiwa-sej...

Share this Post:

Related Posts: