Cara Ampuh Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Cara Ampuh Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

Ketika Anda baru saja diterima di sebuah kantor, Anda akan memasuki lingkungan kerja yang baru, berkenalan dengan teman baru. Banyak dari Anda akan merasa tertantang, namun tidak sedikit dari Anda akan merasakan kecemasan atau tidak percaya diri. Hal ini disebabkan perubahan lingkungan, iklim kerja, rekan kerja baru, dan atasan yang baru.

Untuk itu, diperlukan kemampuan adaptasi yang cepat dan baik agar bisa terbiasa dengan lingkungan kerja yang baru. Berikut adalah tips-tips agar dapat beradaptasi dengan cepat pada lingkungan kerja yang baru, yaitu :

1. Datang Tepat Waktu

Jika Anda datang tepat waktu ke kantor, Anda dapat merileksasikan diri Anda sebelum memulai pekerjaan. Tidak hanya itu, Anda akan mempunyai waktu untuk melakukan perkenalan dengan rekan kerja lainnya.

2. Jaga Kesopanan

Selalu jaga kesopanan, terlebih jika Anda merupakan karyawan baru, saat di lingkungan kerja dengan melakukan 3S (Senyum-Sapa-Salam).

3. Perhatikan Budaya Kantor

Pelajari budaya yang ada dalam kantor Anda. Lakukan observasi dengan memperhatikan keadaan sekitar ataupun bertanya kepada rekan kerja Anda. Jika sudah mengetahui, Anda akan lebih mudah untuk mengikuti budaya kantor baru, sehingga akan lebih nyaman bekerja.

4. Bersosialisasi dengan Rekan Kerja

Di hari pertama masuk kerja, Anda akan dikenalkan dengan lingkungan sekitar kantor. Lakukan perkenalan kembali dengan rekan kerja se-tim terlebih dahulu. Anda dapat memanggilnya dengan sopan dan mengajak makan siang bersama-sama.

5. Saling Membantu

Di dalam hidup, kita pasti akan selalu membutuhkan orang lain. Bantulah rekan kerja Anda ketika sedang membutuhkan, baik itu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, maupun yang berhubungan. Dengan begitu, rekan kerja Anda juga tidak akan ragu untuk membantu Anda.

6. Menjaga Penampilan

Penampilan juga dapat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap Anda. Untuk itu, berikan penampilan yang rapi agar tercipta pandangan yang positif. Pahamilah apa yang pantas untuk dikenakan dan apa yang sebaiknya tidak dikenakan. Seperti, rok yang terlalu mini atau pakaian yang tembus pandang.

7. Jangan Malu Bertanya

Bertanya dapat menambahkan interaksi Anda dengan rekan kerja. Dari bertanya, akan tercipta topik-topik selanjutnya yang dapat mengakrabkan diri Anda dengan rekan kerja. Namun, Anda juga harus mengetahui kondisi dan situasi dari rekan yang akan Anda tanyai. Jangan sampai mengganggu pekerjaan dari rekan kerja tersebut.


By ; Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://www.duniakaryawan.com/beradaptasi-di-tempat...


http://mayaarvini.com/2015/12/ini-cara-cepat-berad...

Share this Post:

Related Posts: