Hari Disabilitas Internasional

Hari Disabilitas Internasional


Disabilitas merupakan ketidakmampuan tubuh dalam hal fisiologis, psikologis dan kelainan struktur atau fungsi anatomi. Sejak 31 Maret 2010, Kementerian Sosial bersama dengan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Sosial, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, organisasi penyandang cacat, serta LSM pemerhati kecacatan telah menetapkan disabilitas sebagai pengganti istilah penyandang cacat. Pergantian istilah ini dilakukan karena istilah penyandang cacat, dalam perspektif Bahasa Indonesia dan secara tentatif, memiliki makna berkonotasi negatif yang tidak sesuai dengan prinsip utama HAM dan harkat martabat manusia.

Jenis-jenis disabilitas terbagi atas Disabilitas Fisik, Disabilitas Mental, Disabilitas Intelektual, Disabilitas Sensorik, dan Disabilitas Perkembangan. Sedangkan pengklasifikasian disabilitas terdiri atas Tunanetra atau tidak dapat melihat, Tunarungu atau tidak bisa mendengar, Tunawicara atau tidak bisa berbicara, Tunadaksa atau gangguan gerak tubuh, Tunalaras atau mengalami hambatan dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial, serta Tunagrahita atau memiliki intelegensi dibawah rata-rata yang disertai dengan ketidakmampuan adaptasi prilaku.

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sudah mempromosikan kampanye Hari Disabilitas Internasional atau yang secara global dikenal dengan sebutan International Day of Persons with Disabilities sejak tahun 1992. Hari Disabilitas Internasional diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang isu-isu yang berkaitan dengan disabilitas dan penyandang disabilitas serta mendukung terbentuknya harkat, martabat dan kesejahteraan para penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan, seperti politik, sosial, ekonomi dan budaya.

How a society treats its disabled is true measure of a civilization. Because there is no greater disability in society than the inability to see a person as more.


By ; Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk


Reference :

https://id.wikipedia.org/wiki/Difabel

https://id.wikipedia.org/wiki/Anak_berkebutuhan_kh...

https://bisamandiri.com/blog/2015/01/macam-macam-d...

https://ppdi.or.id/penyandang-disabilitas-menggant...

Share this Post:

Related Posts: