Hari Menanam Pohon Indonesia

Hari Menanam Pohon Indonesia

Indonesia pernah berhasil mencetak rekor dunia dengan menanam 230.000 juta pohon dalam waktu satu jam pada Hari Menanam Pohon Indonesia 2016. Hal tersebut tentu merupakan suatu kebanggaan bagi Bangsa Indonesia. Ini juga menunjukan bahwa Indonesia membantu dunia untuk turut menyelamatkan bumi. Hari Menanam Pohon Indonesia, diperingati setiap tanggal 28 November ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk menanam pohon yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia.

Dengan kita menanam pohon berarti kita turut berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Penyebab pemanasan global adalah jumlah karbon yang meningkat. Karbon-karbon tersebut didapatkan dari asap kendaraan bermotor dan industri. Gas-gas karbon menyebabkan sinar matahari memantul kembali ke permukaan bumi sehingga suhu udara semakin meningkat. Pohon dapat membantu menyerap emisi karbon yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global.

Pohon juga dapat mengurangi jumlah air yang berlebihan pada saat musim hujan. Hal ini berguna untuk mengatasi banjir yang masih seringkali terjadi. Pohon dapat menangkal banjir karena memiliki akar yang kuat dan rongga-rongga tanah yang baik sehingga air dapat diserap secara lebih optimal.

Lingkungan yang nyaman juga dapat didukung dengan adanya pohon. Pohon mampu menciptakan kenyamanan dan keindahan bagi orang yang berada di sekitarnya. Orang-orang dapat merasakan kesejukan karena pohon dapat mencegah panas dan silaunya sinar matahari. Hal tersebut ternyata dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Dapat kita lihat banyak rumah sakit yang menanam pohon di sekitar dengan tujuan untuk mempercepat proses pemulihan pasiennya, karena selain keindahan dan kesejukan, pohon juga mengeluarkan oksigen yang sangat diperlukan manusia.

Untuk itu, marilah kita bersama-sama ikut serta dalam kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia agar tercipta lingkungan yang nyaman dan indah sehingga kelak dapat dinikmati oleh anak-cucu kita, tidak perlu susah payah. Mendukung hari menanam pohon dapat dimulai dari taman di rumah Anda.

By: Recruitment Corporate PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

http://detipso.blogspot.com/2012/11/manfaat-menana...

http://mulangtinande.net/manfaat-pohon-bagi-masyar...

http://ilmugeografi.com/bencana-alam/cara-mencegah...

Share this Post:

Related Posts: