Lima Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara

Lima Bahasa Tubuh yang Baik Saat Wawancara

Dalam melakukan wawancara pekerjaan, terdapat hal-hal yang wajib Anda cermati, selain cv Anda. Salah satunya adalah bahasa tubuh. Bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non-verbal yang kita alami secara sadar/tidak sadar, seperti ekspresi wajah, gerakan tangan, postur tubuh, pandangan dan sebagainya. Bahasa tubuh ternyata memiliki peranan penting ketika Anda sedang melakukan interview kerja. Hal tersebut dapat memengaruhi penilaian Anda di mata perekrut.

Berikut adalah tips-tips bahasa tubuh yang baik untuk melakukan interview kerja :

1. Posisi duduk

Berusahalah untuk tetap rileks, tidak tegang, dan tidak kaku. Jangan terlalu bersandar, jangan terlalu tegak. Hindari juga bersandar ke samping kursi karena akan memberi kesan yang buruk bagi Anda.

2. Posisi tangan

Sebaiknya, taruh kedua tangan Anda di atas meja atau di atas pangkuan dengan rileks. Hindari melipat tangan di depan dada karena akan menunjukkan bahwa Anda sedang menutup diri. Jangan memegang telepon genggam di tangan, karena Anda akan terlihat tidak bisa lepas dari gadget.

3. Pandangan mata

Hindari terlalu lama menempatkan pandangan mata kepada pewawancara, jangan lakukan juga kebiasaan melotot, menghindari pandangan mata ke seluruh ruang dan lainnya. Cara ampuh yang bisa dilakukan adalah dengan melihat ke alis, hidung atau lemparkan juga pandangan mata Anda ke pewawancara yang lain jika di ruangan tersebut terdapat dua orang.

4. Jangan terlalu banyak bergerak

Jangan lupa untuk berjabat tangan dengan pewawancara ketika memasuki dan meninggalkan ruang interview. Hal ini akan memberi kesan sopan untuk Anda. Jangan terlalu bayak bergerak karena bisa saja dianggap tidak tenang dan panik.

5. Penampilan

Persiapkan diri Anda dengan berpenampilan yang membuat Anda nyaman. Pakailah pakaian yang memang cocok untuk melakukan interview kerja, seperti kemeja dan celana panjang hitam. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri yang berguna pada saat interview. Jangan menggunakan baju yang minim karena akan menimbulkan kesan tidak professional. Untuk wanita, gunakan sedikit makeup agar anda terlihat lebih segar.

Selamat mencoba!


By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://pemi-loker.blogspot.co.id/2015/04/bahasa-t...

http://news.okezone.com/read/2017/04/28/65/1678532...

https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_tubuh

http://cdc.eng.ui.ac.id/index.php?option=com_conte...

Share this Post:

Related Posts: