International Men’s Day

International Men’s Day

Hari Pria Internasional merupakan sebuah perayaan yang sudah diresmikan sejak tahun 1999 di Trinidad dan Tobago, yang kemudian didukung oleh berbagai kalangan dari kawasan Australia, Karibia, Amerika Utara, Asia, Eropa, serta Afrika dan diselenggarakan setiap tanggal 19 November setiap tahunnya. Hari Pria Internasional pada 19 November 1999 dikoordinasikan oleh Jerome Teelucksingh dari Universitas Hindia Barat di markas Keluarga Berencana di Newtown, Port of Spain. Hari Pria Internasional adalah hasil gagasan seorang men’s rights advocate, Thomas Oaster, yang sangat peduli akan isu-isu yang berkaitan dengan hak hidup pria di seluruh dunia.

Diselenggarakannya Hari Pria Internasional bertujuan untuk memusatkan perhatian pada kesehatan laki-laki, baik anak maupun dewasa, meningkatkan hubungan antar gender dan mempromosikan kesetaraan gender. Penyelenggaraan Hari Pria Internasional ini juga bertujuan untuk menyoroti diskriminasi terhadap laki-laki, merayakan pencapaian laki-laki dalam kontribusinya membangun masyarkat, keluarga dan pernikahan, serta mempromosikan nilai-nilai dasar kemanusiaan.

Perayaan Hari Pria Internasional penting karena anggapan bahwa laki-laki merupakan sosok yang kuat, terkadang malah menjadi beban bagi dirinya sendiri. Laki-laki cenderung merasa tidak nyaman untuk menceritakan masalah yang dihadapi karena enggan dipandang sebagai sosok yang lemah. Selain itu, perayaan Hari Pria Internasional tidak semata-mata untuk menguntungkan kaum pria saja, karena seperti yang sudah diterangkan bahwa Hari Pria Internasional bertujuan untuk mempromosikan kesetaraan gender. Sehingg sepatutnya bila perayaan ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, baik kaum pria maupun wanita.

By : Corporate Recruitmen PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Pria_Internasio...

https://en.wikipedia.org/wiki/International_Men'...

https://www.avoiceformen.com/mens-rights/resistanc...

http://www.telegraph.co.uk/men/thinking-man/10-rea...

Share this Post:

Related Posts: