Hari Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan Nasional

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari untuk memperingati jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk negeri Indonesia. Pada tahun 2017 ini, sudah 72 tahun Indonesia merayakan hari bersejarah yang bertempat di kota Pahlawan, Surabaya. 10 November 1945 merupakan hari yang bersejarah bagi tanah air Indonesia, hari tersebut dikenal sebagai Hari Pahlawan Indonesia.

Tanggal 10 November 1945, tentara Inggirs melakukan serangan besar-besaran dengan melakukan pengeboman ke gedung-gedung. Awalnya tentara Inggris menduga bahwa serangan yang dilakukan untuk merebut kota Surabaya dapat dilakukan hanya dengan tiga hari saja, namun Sutomo yang biasa dikenal dengan Bung Tomo memberikan pengaruh besar terhadap pemuda-pemuda Surabaya sehingga serangan Inggris tersebut berlangsung sampai dengan tiga minggu sampai pada akhirnya seluruh kota Surabaya jatuh ke tangan Inggris. Setidaknya 6.000 - 16.000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan sekitar 200.000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya.

Pertempuran di Surabaya ini menginspirasi masyarakat Indonesia lainnya untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dan mengusir penjajah. Banyaknya rakyat Indonesia terutama pemuda yang tewas pada peristiwa ini menjadikan tanggal 10 November sebagai peringatan hari pahlawan untuk selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Pejuang Indonesia yang bertempur hebat untuk memerdekakan Republik Indonesia menjadikan salah satu alasan mengapa 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pada saat itu, para pahlawan Indonesia hanya bersenjatakan bambu runcing dan senjata-senjata yang dilucuti dari tentara Jepang, namun para pahlawan Indonesia tersebut mampu menahan gempuran tentara Inggris yang ada di Surabaya selama 3 minggu. Senjata yang dimiliki Indonesia sangatlah minim, akan tetapi perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan Indonesia sangatlah besar. Bung Tomo merupakan tokoh terkenal dalam pertempuran Surabaya tersebut. Bung Tomo, yang dengan gagah berani mengobarkan semangat para pemuda di Surabaya untuk ikut andil dalam pertempuran Surabaya.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai warga negara yang baik, seperti:

  1. Melakukan upacara bendera untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah bertempur demi merebut dan mempertahankan kedaulatan Indonesia.
  2. Selalu menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dan selalu berperan aktif dalam kegiatan pembangunan Indonesia.

Mari kita berjuang bersama sama dengan para pahlawan dengan senantiasa menjaga kesatuan NKRI. Selamat Hari Pahlawan 2017!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://jurnal.pasarpolis.com/2016/11/03/mempering...

http://kodim1703mkw.com/sejarah-dan-makna-hari-pah...

Share this Post:

Related Posts: