Menjadikan Karyawan Anda Lebih Bahagia

Menjadikan Karyawan Anda Lebih Bahagia

Kemampuan untuk meningkatkan dan mempertahankan produktifitas tim seringkali dijadikan salah satu tanda apakah pemimpin itu berhasil atau gagal. Maka dari itu, banyak pemimpin yang hanya memikirkan tercapainya target perusahaan tanpa memikirkan apalagi memperdulikan karyawannya. Survei yang telah dilaksanakan oleh jobsDB bulan Mei lalu menjawab keadaan dari pekerja di Indonesia. Rata-rata mereka memiliki keinginan untuk berganti pekerjaan dalam 1 atau 2 tahun ke depan karena merasa tidak menemukan kebahagiaan di tempat kerjanya sekarang.

Para pegawai merupakan penggerak sekaligus penentu utama keberhasilan sebuah perusahaan. Pemenuhan kebutuhan para karyawannya akan mengarahkan kepada produktifitas dalam bekerja. CEO Virgin Air, Richard Branson pernah bilang, “Utamakan karyawan sebelum klien. Karena jika Anda mengutamakan karyawan, merekalah yang akan mengurus klien Anda dengan baik.”

Kalimat di atas sangat masuk akal. Karyawan yang bahagia, otomatis ia akan mencintai pekerjaannya. sikap tersebut akan mempengaruhi kinerja mereka menjadi lebih baik. Alhasil, performa perusahaan pun akan ikut membaik. Lalu bagaimana cara membuat karyawan lebih bahagia? Ini yang bisa anda lakukan untuk membuat karyawan anda bahagia :

1. Beri tantangan pada karyawan

Beri tantangan agar karyawan anda tidak bosan dengan pekerjaan yang sama setiap harinya. Cobalah minta dia untuk mengerjakan pekerjaan lain diluar deskripsi pekerjaannya.

2. Banyak berkomunikasi dengan karyawan

Luangkan waktu untuk mengenal karyawan anda. Dengan anda mengenal mereka dengan baik, mereka akan merasa diperhatikan dan akan lebih bahagia. Dengan banyak berkomunikasi, karyawan anda akan lebih nyaman dan betah di kantor dibandingkan anda yang tidak pernah berkomunikasi dengan karyawan anda.

3. Akui keberhasilan karyawan

Saat karyawan anda berhasil menyelesaikan project, cobalah untuk memujinya atau memberikan ia penghargaan berupa ucapan selamat, sehingga ia merasa dihargai oleh perusahaan.

4. Jangan Sombong

Jangan sombongkan diri di depan karyawan anda. Sikap bossy, selalu menyalahkan karyawan dapat menyebabkan karyawan anda tidak bahagia dan memberi ia banyak tekanan sehingga ia tidak melakukan pekerjaannya dengan bahagia.

Inilah cara cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat karyawan anda lebih bahagia, tidak susah, tidak mahal, namun efektif lho!

By: Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Sumber:

http://bisnis.liputan6.com/read/2283236/8-hal-sede...

http://www.bakul.my.id/2014/10/6-cara-sederhana-me...

Share this Post:

Related Posts: