Hari Perserikatan Bangsa Bangsa

Hari Perserikatan Bangsa Bangsa

24 Oktober 2017

Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB yang secara global dikenal sebagai United Nations atau UN merupakan organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 guna mendorong kerjasama antar negara diseluruh dunia. PBB merupakan organisasi pengganti Liga Bangsa Bangsa atau LBB yang telah gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai pencegah terjadinya perang, setelah pecahnya Perang Dunia ke II pada tahun 1939, antar 2 aliensi militer yang saling bertentangan, yaitu Sekutu (Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet, Tiongkok) dan Poros (Italia, Jerman, Jepang).

Tujuan utama didirikannya PBB adalah untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia, memajukan dan mendorong hak asasi manusia atau HAM, membina pembangunan ekonomi dan sosial, serta melindungi lingkungan dan menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata. Untuk merealisasikan tujuannya, PBB memperoleh pendanaan yang bersumber dari sumbangan sukarela para negara anggota dan anggaran rutin berdasarkan kapasitas relatif kemampuan masing-masing negara yang diukur dengan Pendapatan Nasional Bruto, utang luar negeri, dan pendapatan per kapita masyarakatnya. Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris, dan Perancis merupakan 5 negara kontributor keuangan terbesar dalam PBB.

Hari Perserikatan Bangsa Bangsa diselenggarakan untuk memperingati Piagam Perserikatan Bangsa Bangsa, yaitu sebuah dokumen perjanjian konstituen tertulis, yang ditandatangani oleh 50 anggota asli PBB pada tanggal 26 Juni 1945 di San Fransisco. Isi dari Piagam PBB adalah tekad untuk menyelamatkan generasi penerus dari bencana perang, menegaskan kembali keyakinan akan hak asasi manusia, mempertahankan keadilan dan penghormatan yang timbul dari perjanjian dan sumber hukum internasional, meningkatkan kemajuan sosial dan standar hidup, mempraktekan toleransi dan hidup bersama dalam damai, menyatukan kekuatan untuk memelihara keamanan internasional, memastikan kekuatan bersenjata tidak digunakan kecuali untuk kepentingan umum, serta mempromosikan ekonomi dan sosial bagi semua bangsa.

The United Nations has a lot of capacity on the ground, it is our one great hope for a peaceful and free-world.

By ; Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference :

https://id.wikipedia.org/wiki/Perserikatan_Bangsa-...

https://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Bangsa-Bangsa

https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II

https://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Perserikatan_Ba...

https://id.wikipedia.org/wiki/Piagam_Perserikatan_...

https://arifuddinali.wordpress.com/2014/05/31/piag...

Share this Post:

Related Posts: