Hari Penglihatan Sedunia

Hari Penglihatan Sedunia

Mata merupakan salah satu bagian terpenting yang diperlukan oleh setiap manusia. Namun, banyak individu yang tidak begitu peduli terhadap bagian tubuh yang satu ini. Berita yang dilansir oleh WHO, secara global sekitar 285 juta orang mengalami masalah dengan penglihatan, 39 juta diantaranya menderita kebutaan dan 33% kasus gangguan penglihatan disebabkan oleh katarak. Katarak sekaligus menjadi penyebab kebutaan utama dan 43% gangguan penglihatan disebabkan karena gangguan refraksi (mata minus, plus, silindris, dll).

Kebanyakan, penyakit mata bukan hanya karena ketidak hati-hatian, namun bisa juga karena keturunan. Timbulnya gejala penyakit pada mata, umumnya karena masih tidak mengetahui bahayanya penyakit mata dan dapat merupakan hal yang berbahaya di kemudian hari. Bahkan di Jakarta, kesadaran untuk memelihara mata masih sangat minim.

Di Indonesia, banyak daerah yang belum menyediakan jasa layanan dokter mata untuk mengobati berbagai keluhan yang terjadi pada mata. Alhasil, mereka hanya bisa membiarkan dan beraktifitas seperti biasanya. Pemeriksaan mata harus dimulai sejak dini, karena mata adalah indera yang penting bagi diri manusia. Tanpa mata, akan sangat sulit bagi manusia untuk beraktivitas.

Untuk menjaga kesehatan mata, ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang bergizi seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin dan nutrisi, seperti apel dan wortel.

2. Pakai kacamata hitam

Sinar matahari yang panas sangat tidak baik untuk mata, pakai kacamata hitam dapat membantu menghalau sinar matahari langsung ke mata.

3. Mengatur layar komputer

Terlalu banyak di depan komputer dapat berakibat buruk bagi mata. Banyak berada di depan komputer dapat membuat mata lelah, penglihatan kabur dan mata kering. Jika tidak bisa menghindar dari penggunaan komputer jangka panjang, situs everydayhealth.com memberikan saran untuk mengatur layar komputer 4-5 inci di bawah level mata, menggunakan bola lampu yang ber-watt rendah, mencoba untuk berkedip lebih sering, dan ambil istirahat 15 menit setelah dua jam menggunakan komputer.

4. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 9 jam

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Bawalah kacamata atau gunakan kacamata daripada menggunakan kontak lensa.

Itulah 4 (empat) cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Ingatlah bahwa mata merupakan karunia. Jangan sampai Anda tidak dapat melihat dunia karena kurangnya perhatian terhadap mata. Selamat hari Penglihatan Sedunia!

Reference :

http://www.kompasiana.com/ikawahyuni/hari-pengliha...

https://www.merdeka.com/sehat/10-cara-merawat-kese...


Share this Post:

Related Posts: