Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi dan Produktivitas Kerja

Pengaruh Musik Terhadap Konsentrasi dan Produktivitas Kerja

Howard Gardner merupakan seorang tokoh berkebangsaan Amerika yang mencetuskan teori mengenai kecerdasan majemuk atau multiple intelligence. Teori kecerdasan majemuk mencoba mematahkan teori tentang mono intelligence, yang menganggap bahwa setiap orang sedari kecil harus diberikan pendidikan yang sama dan di didik dengan cara yang sama. Menurut Gardner, setiap orang adalah individu unik yang memiliki kecerdasan masing-masing dalam berbagai bidang. Sehingga cara mendidiknya pun harus berbeda agar dapat mengembangkan diri secara optimal.

Teori kecerdasan majemuk menjelaskan bahwa ada delapan jenis kecerdasan pada manusia, yaitu ; kecerdasan Linguistik atau kemampuan menggunakan kata-kata secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan Matematis atau kemampuan mengolah angka. Kecerdasan Visual-spasial atau kemampuan untuk melihat objek dari berbagai sudut pandang. Kecerdasan Kinestetik atau kemampuan untuk mengekspresikan perasaan dan mengutarakan gagasan melalui gerak tubuh. Kecerdasan Musikal atau kemampuan untuk menikmati, membedakan, dan membentuk nada, titik-nada, melodi dan irama. Kecerdasan Intrapersonal atau kemampuan untuk memahami diri sendiri. Kecerdasan Interpersonal atau kemampuan untuk mengamati dan berhubungan dengan orang lain. Serta Kecerdasan Naturalis atau kemampuan untuk mengenali dan mengkategorikan alam dan lingkungan.

Dalam dunia kerja, semua jenis kecerdasan tersebut dapat dipergunakan untuk memperoleh produktivitas kerja, termasuk kecerdasan musikal meskipun Anda tidak bekerja sebagai Music Composer and Arranger, Musisi, ataupun Kritikus Musik. Lantunan musik yang memasuki liang telinga akan diteruskan ke sistem limbik yang merupakan pusat emosi manusia, sehingga musik yang didengarkan tidak hanya mempengaruhi rasionalitas otak kiri saja tetapi juga mempengaruhi emosi dan intuisi otak kanan, yang kemudian akan diterjemahkan sebagai perasaan senang serta membuat seseorang menjadi lebih tenang dan terhindar dari perasaan tegang, cemas ataupun depresi. Salah satu jenis musik yang dipercayai paling berpengaruh pada produktivitas kerja adalah musik instrumental atau musik tanpa lirik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Venetjoki, Kaarlela Tuomaala, Keskinen dan Hongisto pada September 2016 menunjukkan bahwa percakapan orang lain dapat mengganggu konsentrasi dan memecahkan fokus dari 48% responden. Hal yang sama berlaku pula ketika mendengarkan lagu yang mengandung lirik di dalamnya. Hal ini terjadi karena otak akan mengaktifkan kemampuan bahasa Anda, yang akibatnya Anda akan kehilangan fokus pada apa yang sedang Anda kerjakan.

By ; Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences. New York: Basic Books

Share this Post:

Related Posts: