Hari Vegetarian Sedunia (1 Oktober 2017)

Hari Vegetarian Sedunia

(1 Oktober 2017)

Vegetarian berasal bahasa latin ‘vegetus’ yang berarti keseluruhan, sehat, segar, dan hidup. Definisi asli dari vegetarian yang sampai saat ini masih digunakan oleh Vegetarian Society adalah tidak mengkonsumsi telur dan hasil ternak perah. Dalam situs wikipedia, vegetarian diartikan sebagai sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengkonsumsi makanan yang bearasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, tetapi masih mungkin mengkonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, dan susu. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), vegetarian merupakan orang yang karena alasan keagamaan atau kesehatan tidak memakan daging dan hanya memakan sayuran dan hasil tumbuhan.

Vegetarian memiliki beberapa jenis, seperti Semi-Vegetarian, Lacto-ovo-Vegetarian, Lacto-Vegetarian, Ovovegetarian, dan Vegan. Semi-vegetarian adalah kelompok vegetarian yang menghindari konsumsi daging merah tetapi masih mengkonsumsi daging ayam atau ikan. Lacto-Ovo-Vegetarian adalah kelompok vegetarian yang menghindari konsumsi semua jenis daging tetapi masih mengkonsumsi produk susu dan telur.Lacto-Vegetarian adalah kelompok vegetarian yang hanya mengkonsumsi produk susu, seperti keju dan yoghurt, saja. Ovivegetarian adalah kelompok vegetarian yang hanya mengkonsumsi telur saja.Vegan adalah kelompok vegetarian yang hanya mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian saja, beberapa vegan tidak hanya menghindari produk hewani dalam diet mereka tetapi juga dalam setiap aspek kehidupan mereka. Seorang vegan mungkin akan menghindari barang-barang yang berasal dari kulit, wol, atau sutra.

Hari Vegetarian Sedunia merupakan sebuah gagasan yang dicanangkan oleh North American Vegetarian Society pada tahun 1977 dan disahkan oleh International Vegetarian Union pada tahun 1978. Perayaan Hari Vegetarian Sedunia ini dianggap perlu karena vegetarian memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah menyehatkan dan mempercantik kulit, menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, menurunkan risiko kanker, memperlancar pencernaan dan menjaga kebersihan usus besar.

Berikut ini adalah nutrisi yang perlu mendapatkan perhatian dari pola makan seorang vegetarian. Protein bisa diperoleh dari mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan. Kalsium dan iodin bisa diperoleh dari mengkonsumsi tahu, tempe, beras, oat/gandum utuh, kismis, brokoli, kembang kol, dan garam beriodin. Vitamin D dan B12 bisa diperoleh dengan mempertimbangkan konsumsi suplemen tambahan, sedangkan Zat Besi, Omega 3, dan Zinc bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, buah yang dikeringkan, minyak kanola, dan biji-bijian utuh.

By : Corporate Rectuitment PT. Summarecon Agung, Tbk

Reference:

https://id.wikipedia.org/wiki/Vegetarian

http://kbbi.web.id/vegetarian

https://hellosehat.com/vegetarian-jenis-apakah-anda/

https://en.wikipedia.org/wiki/World_Vegetarian_Day

http://manfaat.co.id/manfaat-vegetarian

Share this Post:

Related Posts: