Langkah Sederhana Mengurangi Sampah



Langkah Sederhana Mengurangi Sampah


Sampah merupakan masalah yang menjadi semakin mengkhawatirkan seiring berjalannya waktu. Kamu mungkin sering menggunakan botol, sedotan, dan kantung plastik, hanya untuk beberapa jam. Padahal, perlu kamu ketahui bahwa barang-barang tersebut memerlukan waktu yang sangat lama untuk terurai. Hal ini dapat mencemari air, berbahaya bagi kehidupan alam liar, serta mempengaruhi kesehatan manusia. Perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi jumlah sampah. Mari mulai dengan menerapkan kebiasaan ini:

1. Membawa tas belanja sendiri
Bawalah tas atau keranjang belanja sendiri saat berbelanja. Tindakan sederhana ini bisa mengurangi tumpukan sampah plastik di rumah secara efektif.

2. Membawa kotak makan dan botol minum sendiri
Selalu bawa kotak makan dan botol minum sendiri ketika bepergian. Hal ini untuk menghindari kamu membeli makanan/minuman dalam styrofoam atau wadah plastik.

3. Mengurangi penggunaan tisu basah
Ketahuilah, tisu basah terbuat dari resin plastik sehingga tidak bisa larut dalam air. Kamu bisa menggantinya dengan lap kain atau tisu kering yang diberikan sedikit air. Berbeda dengan tisu basah, tisu kering mudah larut dalam air.

4. Daur ulang sampah plastik menjadi barang bermanfaat
Manfaatkan sampah disekitarmu agar tidak menumpuk, misalnya dengan cara mengkreasikan botol minum menjadi pot bunga. Selama sampah tersebut bisa didaur ulang, cobalah untuk mendaur ulangnya.

Yuk, mulai lakukan perubahan kecil yang dapat membuat perbedaan yang cukup besar, demi kelestarian lingkungan dan bumi.

References:
www.cermati.com

www.cnnindonesia.com

Share this Post:

Related Posts: