Hari Primata Indonesia

hari-primata-indonesia_0Z39.jpg

Hari Primata Indonesia


Setiap tanggal 30 Januari, diperingati sebagai Hari Primata Indonesia. Menurut Ketua ProFauna, Rosek Nursahid, Hari Primata Indonesia dicetuskan salah satunya oleh ProFauna pada tahun 2014 yang dilatarbelakangi keprihatinan terhadap maraknya perdagangan ilegal primata Indonesia. Menurut catatan ProFauna, perdagangan primata di Indonesia cukup tinggi yaitu lebih dari 95% primata yang diperdagangkan di Indonesia adalah hasil tangkapan dari alam.

Di antara lebih dari 600 jenis primata (bangsa kera dan monyet) di dunia, setidaknya 40 jenis dapat ditemukan di Indonesia. Namun, lebih dari 80% primata di Indonesia berada dalam kondisi terancam punah. Kehilangan habitat masih menjadi momok terbesar bagi keberlangsungan hidup primata di alam. Rusaknya hutan, alih fungsi lahan, kebakaran hutan, perburuan liar serta perdagangan gelap adalah sederet gangguan keamanan lingkungan yang hingga kini masih saja terjadi.

Padahal, primata mempunyai peran besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Banyak jenis primata yang menjadi indikator tentang kondisi hutan atau ekosistem yang masih bagus. Peran primata yang juga tak kalah penting adalah menyebar benih tumbuhan keseluruh hutan, namun nasib primata Indonesia semakin mengenaskan. Selain terus menerus kehilangan habitatnya, primata mendapat ancaman serius dari perdagangan primata. Ribuan primata Indonesia setiap tahunnya ditangkap dari alam untuk diperdagangkan.

Hari Primata Indonesia ini adalah momentum untuk kita saling mengingatkan bahwa saudara jauh dari jutaan tahun evolusi kita sangat membutuhkan habitatnya yang lestari dan berbagi ruang bersama kita (manusia). Peringatan Hari Primata hanyalah sebuah hari untuk dirayakan, namun tugas dan tanggung jawa kita sebagai makhluk yang berakal memiliki pilihan dan peran penting untuk keberlangsungan bumi yang baik. Kelestarian primata adalah harta yang akan kita wariskan kepada generasi masa depan. Sesuatu yang bisa anak cucu kita banggakan, bahwa kita adalah generasi pelestari bukan perusak. Selamat Hari Primata Indonesia!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
www.profauna.net
www.greeners.co
www.mongabay.co.id

Share this Post:

Related Posts: