Bingung saat ditanya apa kelebihan dan kekurangan waktu interview? Begini tipsnya!

bingung-saat-ditanya-apa-kelebihan-dan-kekurangan-waktu-interview-begini-tipsnya_wKvI.jpg

Bingung saat ditanya apa kelebihan dan kekurangan waktu interview? Begini tipsnya!


Tahapan interview kerja pasti dilalui oleh setiap pelamar kerja. Di dalam proses interview itupun kamu akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan seperti ceritakan tentang diri kamu dan alasan kamu memilih untuk melamar pekerjaan tersebut. Salah satu yang menjadi momok adalah pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri.

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan dengan baik yaitu:

1. Jangan ungkapkan kekurangan kamu yang dampaknya fatal.
Ungkapkan kelemahan yang memang masih bisa di tolerir, dan kedepan tidak akan menggangu profesionalitas kamu sebagai karyawan. Seperti contoh: bahwa kamu tidak terlalu pintar, namun akan selalu bekerja keras dan berusaha sebaik mungkin.

2. Berikan solusi dari kekurangan yang kamu sebutkan.
Saat kamu menjelaskan kekuranganmu, kamu harus bisa meyakinkan bahwa kamu akan berusaha tidak melakukan hal tersebut. Misalnya, kamu memang tidak terlalu pintar dalam membuat perencanaan keuangan, tapi kamu harus bisa meyakinkan pewawancara bahwa kamu akan terus belajar dan berusaha, sehingga akan mendapatkan hasil terbaik.

3. Kontrol setiap gerakan dan ucapan.
Beberapa orang mungkin akan merasa gugup dalam menanggapi pertanyaan ini, tetapi jangan pernah tunjukan kegugupan dan keresahan kamu. Tetap konsentrasi dan fokus, serta tunjukan gestur tenang.

4. Usahakan untuk tidak sok tahu dan tidak mengarang jawaban.

Pewawancara biasanya tidak akan menanyakan hal-hal yang sangat teknis terkait perusahaan yang sedang kamu lamar. Jika pewawancara bertanya tentang hal sangat teknis tentang perusahaan, bisa jadi pewa