Hari Gerakan Satu Juta Pohon

hari-gerakan-satu-juta-pohon_NY16.jpg

Hari Gerakan Satu Juta Pohon


Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dunia merayakan Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, penting untuk kita mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.

Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan binatang. Banyak manfaat yang diberikan oleh pohon, di antaranya menjaga kestabilan iklim, rumah untuk banyak binatang, menjadikan lingkungan tetap teduh dan asri, penyerapan air dalam tanah, sebagai produksi makanan, bahan bakar terbarukan, mencegah banjir dan erosi, dan sebagainya.

Untuk merayakan hari istimewa ini, biasanya diadakan beberapa kegiatan, seperti kegiatan seminar, pembagian bibit, dan penanaman pohon yang dilakukan di berbagai tempat. Melakukan gerakan penanaman pohon diharapkan dapat menjadi satu solusi dari permasalahan pemanasan global yang terjadi saat ini. Suhu udara yang dirasakan semakin lama semakin panas terutama di kota-kota besar, disebabkan pepohonan di kota sudah jarang terlihat dan digantikan dengan banyaknya gedung besar. Kondisi inilah yang membuat sinar matahari tidak dapat diserap, tetapi lebih banyak dipantulkan.

Alasan lain mengapa kita harus menanam pohon karena pohon dapat menghasilkan cukup oksigen dan mengurangi kadar karbon dioksida di udara. Pohon-pohon menjadikan air bersemayam tidak jauh dari permukaan bumi. Di bawah pohon, air dengan mudah ditemukan karena air dengan mudah meresap ke dalam tanah dan tidak cepat hilang dari dalam tanah. Warna hijau pada pohon juga mempercantik lingkungan tempat kita hidup.

Merayakan Hari Gerakan Satu Juta Pohon juga tidak harus dengan melakukan kegiatan besar-besaran. Cukup kita ikut berpastisipasi dengan melakukan penanaman pohon di halaman rumah dan memastikan bahwa pohon yang kita tanam terawat dan tumbuh dengan baik. Mari menanam pohon. Selamatkan bumi kita dan buat lingkungan kita menjadi teduh dan asri. Selamat Hari Gerakan Satu Juta Pohon!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
nationalgeographic.grid.id
www.seratusinstitute.com
steemit.com

Share this Post:

Related Posts: