World Braille Day

world-braille-day_37Sv.jpg

World Braille Day


Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB menetapkan 4 Januari sebagai Hari Braille Dunia. Penetapan hari Braille Internasional ini diperjuangkan oleh Organisasi Persatuan Tunanetra Dunia atau World Blind Union agar tunanetra mendapatkan akses pendidikan terbaik. "Braille adalah kegiatan mentransfer huruf ke dalam tulisan yang bisa diraba. Ini berarti membuka akses bagi tunanetra terhadap bacaan yang berarti membuka akses pendidikan, yang berarti membuka akses kesempatan kerja," ujar Presiden World Blind Union atau WBU, Fred Schroeder.

Braille menjadi salah satu alat penting, baik bagi tunanetra maupun kelompok pada umumnya. Bahkan, setelah penetapan hari Braille sedunia ini, di Amerika Serikat, tulisan timbul ditetapkan sebagai alat terpenting bagi semua orang, tidak hanya tunanetra. Huruf Braille yang diciptakan oleh Louis Braille ini berfungsi untuk membantu para tunanetra agar dapat bersekolah, karena untuk sekolah, tunanetra, sama seperti mereka yang normal, harus dapat membaca dan menulis. Namun, kenyataannya, masih banyak anak-anak tunanetra di dunia ini, termasuk di Indonesia, yang belum bersekolah meski sudah memasuki usia sekolah, bahkan telah melewati usia sekolah, sehingga mereka tidak dapat menulis dan membaca.

Tidak hanya itu, pembelajaran huruf Braille untuk anak-anak tunanetra pun belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Contohnya di Indonesia. Tidak semua guru yang ditempatkan di sekolah luar biasa mengerti huruf Braille. Sistem pembelajaran huruf Braille pun belum distandarkan secara nasional. Alat tulis untuk menulis Braille pun – yaitu Riglet dan Stylus, serta mesin tik Braille manual, tidak dapat diperoleh dengan mudah oleh anak-anak tunanetra. Dengan memperingati Hari Braille Dunia, kita akan selalu diingatkan, betapa pentingnya kegiatan membaca dan menulis untuk tunanetra, sebagai salah satu pilar penting pendidikan.

Terima kasih Louis Braille untuk penemuanmu yang luar biasa ini. Dengan Huruf Braille, tunanetra menjadi cerdas, berdaya, mandiri, dan dapat berkarya di masyarakat.
Selamat Hari Braille Sedunia!

By : Corporate Recruitment PT. Summarecon Agung, Tbk

References:
difabel.tempo.co
www.solider.id
mitranetra.or.id

Share this Post:

Related Posts: